-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Cek Kesiapan Personil dan Alat Kesiapsiagaan Bencana, Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022

    Yan Hasmadi
    Kamis, 29 September 2022, September 29, 2022 WIB Last Updated 2022-09-29T04:19:36Z

    Ads:




    Redelong, Indometro.id : Pemerintah daerah melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 yang dipusatkan dilapangan Masjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong Kecamatan Bukit. (28/9/2022).

    Diperingatinya Hari Kesiapsiagaan Bencana ini berdasarkan Undang–Undang Nomor 24/2007 Tentang Penanggulangan Bencana yang ditetapkan setiap tanggal 26 September pada setiap tahunnya. Tujuan Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana adalah untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian serta melalui langkah yang tepat guna dan berdaya guna.


    Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2022 ini mengusung tema “Keluarga Tangguh Bencana Pilar Bangsa Menghadapi Bencana", dengan Pesan utama yang disampaikan adalah "Siap Untuk Selamat". 

    Penjabat (Pj) Bupati Bener Meriah Drs. Haili Yoga, M.Si yang bertindak selaku Inspektur dalam amanatnya, pertama sekali menyambut baik kegiatan apel Kesiapsiagaan Bencana pada tahun ini,  dengan pesan Siap Untuk Selamat, ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggungjawab pemerintah daerah atas bahaya bencana, katanya.

    Menurut Pj. Bupati Bener Meriah, peyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Bener Meriah sendiri memerulukan suatu penataan dan perencanan yang matang dan terpadu, mengingat geologis yang sangat dinamis, yang mengakibatkan potensi bencana gempa, tanah longsor dan angina kencang dan lainnya, ujar Drs. Hali Yoga, M.Si.

    “Apel ini mengingatkan kita akan kejadian bencana tahun 2022 ini, dimana sebanyak 86 kali kejadian melanda daerah kita yaitu, 11 kali bencana tanah longsor, 10 kali bencana Karhutla, bencana kebakaran rumah pemukiman 36 kali, putting beliung 40 kali dan banjir bandang 7 kali,” sebut Pj. Bupati.

    Dilanjutkan oleh Drs. Haili Yoga, M.Si, apel ini menjadi hal wajib untuk kesiapsiagaan diri kita yang harus digalakan, khususnya untuk masyarakat Bener Meriah, dengan mempertimbangakan Undang – Undang No. 24/2007 tentang penanggulangan benacana, ujarnya. 


    Terakhir disampaikan oleh Pj. Bupati, Apel Kesiapsiagan Bencana Kabupatn Bener Meriah tahun 2022 ini juga merupakan momentum yang tepat bagi satuan pelaksana penangggulangan  bencana untuk melakukan sinergi dan konsolidasi.

    “ Kita tahu bahwa bencana alam merupakan sesuatu yang sulit untuk diprediksi, namun kita kita bisa melakukan antisipasi untuk meminimalisir dampak-dampak yang akan ditimbulkan,” jelasnya. 

    Apel kesiapsiagan  bencana Kabupaten Bener Meriah  tahun 2022 ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran seluruh elemen masyarakat terhadap musibah bencana daerah maupun nasional, pungkasnya.

    Diakhir kegiatan juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan dan bingkisan masing–masing kepada Roni Agustino sebagai relawan Kebakaran dan Penyelamatan Gangguan Hewan Reptil,  Eti Sumiati, S.Pd sebagai Relawan Satgas SAR Bener Meriah, Hendri KA. Amd. Kep sebagai Relawan Kemanusiaan PSC 119 Bener Meriah, Bukhari Muslim sebagai TRC Penanganan Kedaruratan Operator Alat Berat pada BPBD Kabupaten Bener Meriah, Serda Rozak sebagai Penanganan Kedaduratan Bencana Alam pada Bhabinsa Koramil 05/Permata dan Bripka Zainal Arifin sebagai Penanganan Kedaruratan Bencana Alam pada Bhabinkamtibmas Polsek Bandar.

    Kemudian dilanjutkan Pengecekan Alat Kesiapsiagaan Bencana Kabupaten Bener Meriah oleh Pj. Bupati Drs. Hali Yoga, M.Si didampingi oleh unsur Forkopimda, Asisiten 2 drh Sofyan, Kalak BPBD Kabupaten Bener Meriah Safriadi, S.Pd, M.Pd. Apel Kesiapsiagaan Bencana tersebut diikuti oleh ASN dan Non ASN beberapa SKPK, TNI/Polri, Tim SAR, Satpol PP dan WH, Dishub, Tagana, PSC 119 dan unsur lainnya. (*)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini