-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Vaksin BUMN Nyaris Rampung, Ini Syarat Jadi Relawan 4.050 Subyek Uji Klinis Fase 3

    redaksi
    Selasa, 02 Agustus 2022, Agustus 02, 2022 WIB Last Updated 2022-08-02T02:55:09Z

    Ads:

     



     INDOMETRO.ID Vaksin Covid-19 buatan BUMN hampir menyelesaikan uji klinis fase 3. Uji klinis tersebut melibatkan 4.050 subyek relawan dari seluruh Indonesia. Peneliti memastikan syarat menjadi relawan juga perlu dipantau secara ketat.

    Dikatakan Ketua Tim Peneliti Uji Klinis Fase 3 Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang - Asrawati, peserta uji atau relawan harus menjalani serangkaian tes untuk memastikan kondisi kesehatannya.

    "Selain itu syarat relawan harus berusia 18 hingga 70 tahun dan belum pernah terpapar Covid-19. Untuk uji klinis fase 3 di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman ini tercatat ada 1.725 relawan," ujar Asrawati melalui keterangan yang diterima Suara.com, Kamis (2/8/2022).

    Selanjutnya para relawan akan mendapatkan dua kali suntikan vaksin Covid-19 BUMN dengan rentang waktu 28 hari.

    Hingga berita ini dikeluarkan pihak peneliti mengklaim, uji klinis fase 3 masih menunjukan hasil yang baik, dan tidak ada relawan yang alami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI serius.

    Selanjutnya, para relawan akan dipantau selama satu tahun kedepan untuk memastikan keamanan dan keefektifan vaksin dalam menciptakan kekebalan dalam tubuh.

    "Presiden sudah menyiapkan nama khusus untuk Vaksin Covid-19 BUMN dan Bio Farma sedang berproses untuk mendaftarkan nama tersebut ke Ditjen HKI Kemenkumham, mudah-mudahan di tanggal 17 Agustus 2022 Indonesia akan memiliki vaksin buatan Indonesia, persembahan untuk Indonesia guna memutus mata rantai Covid-19," ujar Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir.

    Selain itu Bio Farma juga sudah mendaftarkan hasil uji klinis fase 3, untuk proses mendapatkan izin penggunaan darurat atau EUA Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM).

    Secara bersamaan, Bio Farma juga sudah menyelesaikan audit Vaksin Covid-19 oleh LLPOM MUI untuk mendapatkan sertifikat halal, sehingga nantinya vaksin lokal ini bisa menambah pilihan vaksin Covid-19 halal di Tanah Air.

    Sumber : Suara

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini