-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Kodim 0822 Bondowoso Gelar Vidcon Lounching Penanaman Serentak Dukung Ketahanan Pangan

Selasa, 12 Juli 2022, Juli 12, 2022 WIB Last Updated 2022-07-15T07:37:20Z
iklan disini :



Bondowoso, indometro.id-Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla., melaksanakan kegiatan vidcon lounching secara virtual penanaman Secara serentak dengan Komandan Korem 083/Bdj dengan Tema "pemanfaatan lahan tidur" dalam pelaksanaan program Ketahanan Pangan (Hanpangan) nasional di wilayah teritorialnya. Pelaksanaan penanaman sendiri berlokasi di lahan milik Koramil 0822/04 Tenggarang dengan memanfaatkan lahan tidur sebagai demplot pertanian untuk mendukung program ketahanan pangan seluas kurang lebih 1 hektar untuk ditanami benih cabe dan terong, Rabu (13/7/2022).
“Program ini bertujuan membantu meningkatkan program pemerintah daerah untuk pencapaian pemenuhan hak atas pangan," kata Dandim 0822 Bondowoso Letkol Arm Suhendra Chipta, M.Tr.Hanla.
 
Hal itu dia sampaikan di sela penanaman cabe dan terong perdana bersama Kepala Dinas Pertanian Bondowoso Hendri Widotono, S.Pt, MP., dan Muspika Kecamatan Tenggarang.
Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan ketahanan pangan lokal hingga nasional, serta kemanunggalan TNI dengan rakyat, guna kepentingan pertahanan negara.
 
Dijelaskannya, pembangunan demplot pertanian untuk ketahanan pangan sendiri merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, SE, MM., yakni satuan Komando Teritorial diperintahkan melaksanakan penyelenggaraan pembinaan ketahanan pangan.
 
“Dikarenakan tidak mempunyai lahan pertanian sendiri, upaya yang dilakukan Kodim 0822 dengan cara berkoordinasi dengan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Bondowoso, untuk mendapat lahan pertanian serta bantuan bibit ataupun pupuk,” jelasnya.
 
Melalui kegiatan yang dilaksanakan, Dandim 0822 Bondowoso mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah setempat yang membantu terlaksananya kegiatan ketahanan pangan tersebut.
 
“Lahan tidur dan tidak produktif dapat dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan demi mengurangi pembukaan lahan baru yang dapat membantu mencapai target penurunan emisi gas rumah kaca,” harapnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Bondowoso Hendri Widotono, S.Pt, MP., mengatakan, "Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang dilakukan Kodim 0822 Bondowoso dalam mendukung ketahanan pangan.
 
Luar biasa saya melihat arealnya ini sebenarnya sangat pontensial untuk dilakukan penanaman hortikultura, dan kami mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah memanfaatkan lahan tidur di sini," pungkasnya.

(Pendim0822/Ahyar).
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+