-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Hebat, Jadi Pembicara di Forum T20, Kuwu Cangkingan Paparkan Manfaat Ekonomi Desa Digital

    Kamis, 28 Juli 2022, Juli 28, 2022 WIB Last Updated 2022-07-27T22:50:27Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh




    INDRAMAYU, indometro.Id - Hebat dan Jawara itulah yang pantas disematkan kepada Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder, Kabupaten Indramayu. Pasalnya, Kuwu Desa Cangkingan menjadi satu-satunya kepala desa di Indonesia yang diberikan kesempatan untuk menjadi narasumber di forum Think20 (T20) untuk menuju Group of Twenty (G20).


    Bertempat di Hotel El Royale Bandung, Kuwu Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder Didi Wahyudi memaparkan pemanfaatan secara ekonomi keberadaan Desa Digital Cangkingan sebagai desa pertama yang telah melakukan transformasi digital berbasis teknologi dan informasi pada Rabu (27/7/2022).


    Didi Wahyudi menjelaskan, T20 merupakan forum bersama sebagai tempat untuk memberikan bahan dan rekomendasi pada pelaksanaan G20 mendatang. Pada kegiatan tersebut, Desa Cangkingan merupakan satu-satunya kuwu yang diundang dan diberikan kesempatan untuk memberikan pemaparan tentang manfaat ekonomi dari pelaksanaan Desa Digital.


    Didi mengatakan, setelah melaksanakan Desa Digital / Lebu Digital secara ekonomi banyak perubahan yang terjadi di Desa Cangkingan. Melalui website cangkingan.desa.id Pemdes Cangkingan menjadikan sebagai marketplace para pelaku UMKM di desanya.


    Pelaku UMKM difasilitasi untuk berjualan secara online dan diberikan pelatihan digital marketing, hasilnya produk UMKM Desa Cangkingan sudah tersebar di mana-mana. Penjual merasakan peningkatan omzet dagangannya dan meningkatkan pula pendapatan keluarganya.


    Selain itu, lanjut Didi, dengan berjualan secara online sapi-sapi dari sentra peternakan Desa Cangkingan juga telah terjual habis pada saat jelang Idul Adha lalu. Laris manisnya ternak dari Desa Cangkingan ini akhirnya banyak masyarakat yang mencoba alih profesi jadi peternak karena sangat menguntungkan.


    "Setelah menerapkan Desa Digital atau Lebu Digital ini sekarang manfaatnya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat dan kami dari pemerintahan," tegas Didi dalam paparannya yang disambut meriah.


    Sementara Camat Kedokanbunder Atang Suwandi mengatakan, kehadiran Kuwu Desa Cangkingan, Kecamatan Kedokanbunder pada forum T20 tersebut tentu saja sangat membanggakan bagi Kabupaten Indramayu. Pasalnya, secara langsung Kuwu Cangkingan menjadi duta bagi promosi Kabupaten Indramayu ke dunia internasional dalam melakukan transformasi digital di bidang tata kelola pemerintahan, tata kelola keuangan desa, layanan publik, maupun pemberdayaan masyarakat.


    Menurut Atang, salah satu keberhasilan program unggulan Bupati Indramayu yaitu Lebu Digital bisa dilihat dari Desa Cangkingan. Digitalisasi di Desa Cangkingan secara bertahap terus dilakukan sehingga sangat bermanfaat bagi pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta lainnya.


    "Dengan sinergitas semua pihak, pelaksanaan Lebu Digital ini akan mewujudkan Cangkingan Jawara, Kedokanbunder Hebat, menuju Indramayu Bermartabat," kata Atang.


    Turut hadir mendampingi Kuwu Cangkingan pada forum tersebut yakni Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sugeng Heryanto dan Kabid TIK Diskominfo Indramayu Anri Heriyanto. 


    (Heri) 

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini