-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Rumah Singgah Pembinaan Kenakalan Remaja Gawaian Bripka Jumi Sihombing Mendapat Apresiasi Camat Talang

Anang
Sabtu, 04 Juni 2022, Juni 04, 2022 WIB Last Updated 2022-06-04T08:36:06Z
iklan disini :




Siak, Indometro.id - Pemerintah Kecamatan Tualang melalui Camat Tualang Tengku Indra Putera SSTP memberikan apresiasi atas inisiatif Bhabinkamtibmas Desa Pinang Sebatang Timur Bripka Jumi P Sihombing, membentuk rumah singgah pembinaan terhadap kenakalan anak, di rumah Bhabinkamtibmas Jalan Raya Pertiwi, Desa Pinang Sebatang Timur, Tualang, Siak. 

"Menurut saya selagi itu kegiatan positif dan tidak berbenturan dengan aturan yang berlaku. Saya apresiasi setinggi-tingginya giat yang dilakukan pak Bhabinkamtibmas, berarti beliau perhatian kepada generasi muda agar tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif," kata Camat Tualang, Sabtu (4/6/2022).

"Harapan saya dan harapan kita semua tentunya kepada generasi muda sebagai penerus tongkat estafet kepemimpinan di masa depan, dapat melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dan bermanfaat dalam kesehariannya. Hindari hal-hal yang berbau negatif, sehingga generasi muda kita menjadi generasi emas generasi yang bisa dibanggakan di masa yang akan datang," pungkas Camat Tualang.

Sementara itu, Ikatan Keluarga Minang Riau memberikan apresiasi kepada Bhabinkamtibmas Bripka Jumi Sihombing. Menurut IKMR, langkah dan inisiatif Bhabinkamtibmas patut diacungkan jempol. Anak tersebut dibina guna mencapai masa depan dan menghindari tindakan kriminal, dikarenakan efek pengangguran.

"Inisiatif yang sagat baik abangku . Disamping rumah singgah, kita perlu pembinaan skill untuk mereka karena tanpa skill yang mereka miliki akan memicu pengangguran yang berdampak kepada krimilitas. Untuk itu saya punya program untuk membuat Lembaga Pelatihan Kerja Gratis untuk semua masyarakat Tualang . Insyaallah dalam waktu dekat workshop kita untuk praktek akan ada. Untuk ruangan teori, kita sudah memiliki tetapi ini dapat terwujud dengan sempurna dengan kerjasama secara swadaya dan uluran tanggan pemerintah," kata Ketua IKMR Hendri Wisel melalui Sekjen IKMR Ibrahim.

Masih kata Ibrahim, tindakan yang dilakukan oleh IKMR salah satu kegiatan dalam rangka meminimalisir tingkat pengangguran dan kriminilitas dari dampak ekonomi masyarakat Tualang. 

"Ide ini tercetus karna kita memiliki sumberdaya wilayah kita yang iconnya kota industri. Dalam pelatihan ini disamping skill juga kita adakan pemahaman tentang dunia kerja, tagungung jawab , dan disiplin kerja. Agar terciptanya seorang tenaga kerja yang profesional dan dapat di andalkan. Agar terciptanya seorang tenaga kerja yang profesional dan dapat diandalkan," pungkas Ibrahim yang juga Ketua FSPTI PUK.

Seperti diberitakan sebelumnya, zaman sekarang anak-anak yang usianya transisi menuju usia remaja membutuhkan perhatian khusus dari orangtua atau pihak sekolah, karena para anak berproses mencari jati dirinya. Jika tidak diawasi bisa jadi anak atau remaja menjadi bandal. Seperti halnya di salah satu desa Pinang Sebatang Timur, Tualang, Siak, Riau. Anak yang berusia menanjak remaja terjaring petugas Kepolisian Bhabinkamtibmas Bripka Jumi P Sihombing, karena diduga melakukan pencurian, menghisap lem kambing bahkan melawan orangtuanya. Alhasil, Bhabinkamtibmas melakukan sebuah tindakan yang dianggap bisa membuat para anak remaja itu jera dan tidak mengulangi perbuatannya lagi.

"Saya berinsiatif membentuk rumah singgah untuk pembinaan kenakalan remaja atau anak, yang kita gagasi dan didukung oleh pemerintah desa maupun tokoh masyarakat. Puji Tuhan, rumah atau kantor Bhabinkamtibmas kita jadikan sebagai rumah singgahnya," kata Bripka Jumi Sihombing, Jumat (3/6/2022).

Bripka Jumi Sihombing melaksanakan kegiatan pembinaan, dengan melakukan serangkaian kegiatan atau monitoring kegiatan keseharian anak, di rumah singgah tersebut.

"Kalau anak itu sekolah pasti kita awasi selama satu bulan lamanya mulai belajar pada malam hari hingga benar-benar berangkat ke sekolah. Selain itu, anak tersebut juga sepulang sekolah diwajibkan melaporkan perkembangan sekolahnya kepada saya, kemudian melakukan kerjasama dengan pihak sekolah untuk memonitoring absensi serta perilaku. Kegiatan lainnya yang kita lakukan adalah kebersihan lingkungan. Kegiatan ini sebagai langkah membuat anak tersebut lebih bergiat, dan tidak malas," ungkap personil Polsek Tualang Polres Siak itu.

Lebih lanjut kata Bripka Jumi, Bhabinkamtibmas mengedepankan sikap humanis dan tegas dalam melakukan pembinaan anak.

"Saya tetap kedepankan humanis, saya juga mengajak peran serta orangtuanya bersama mengawasi anak agar tidak terjerumus ketindakan yang negatif dan kriminal," pungkasnya.

Kapolres Siak AKBP Gunar Rahadiyanto SIK saat dikonfirmasi melalui Kapolsek Tualang AKP Alvin Agung Wibawa SIK menyampaikan, apresiasi kepada Bhabinkamtibmas Bripka Jumi Sihombing atas kontribusi kepada masyarakat di desa binaannya.

"Dari dulu Polri selalu berbenah diri, menuju kearah yang lebih baik. Tentunya kami Polri mengedepankan pelayanan dengan humanis kepada masyarakat, seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Bripka Jumi Sihombing. Saya memberikan apresiasi yang positif kepada personil Bhabinkamtibmas yang bertugas dengan sepenuh hati melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan serta ridho kepada personil Polri kita mengemban tugas kemanusiaan, sebagai Bhabinkamtibmas. Hal yang dilakukan Bhabinkamtibmas adalah hal yang positif dan saya sangat bangga memiliki personil yang bertugas sepenuh hati. Semoga hal ini memotivasi personil Polri lainnya," kata Kapolres Siak. 

Terdapat delapan anak remaja yang dibina saat ini di Rumah Bhabinkamtibmas, yakni FKZ (16), AS (13), DZ (14), NZ (17), AP (15), AP (14), SZ (13), JP (15). Kedelapan anak ini dijaring dikarenakan kenakalan remaja seperti menghisap lem kambing, merokok, melawan orangtua, mencuri.**
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+