-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Terungkap, Penyebab Kelangkaan Minyak Goreng di Brebes

Jumat, 18 Februari 2022, Februari 18, 2022 WIB Last Updated 2022-02-19T02:32:01Z
iklan disini :





Brebes, indometro.id - 

Keresahan Masyarakat Kabupaten Brebes terkait langkanya minyak goreng membuat Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Dinkumdag) Brebes melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Sidak dipimpin Kepala Dinkumdag Drs Zaenudin MSi ke sejumlah supermarket, minimarket dan pedagang pasar tradisional, Kamis (17/2).

Kekosongan stok minyak goreng memang terjadi dibeberapa tempat, sejak Selasa (15/2) dikarenakan tidak adanya kiriman dari suplaiyer dan distributor. Namun demikian dari beberapa supermarket, Tim menemukan adanya simpanan minyak goreng bersubsidi digudang.

Saat itu juga, Tim mendesak supermarket untuk mengeluarkan dari gudang untuk dijajakan dioutlet. Saat itu juga, minyak goreng sebanyak 50 dus lebih, ludes diserbu pembeli.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Brebes Drs Zaenudin MSi menegaskan, jangan main-main minyak goreng dengan cara menimbunnya. Pihaknya akan memberikan sangsi tegas bila toko masih memiliki stok minyakamun tidak dijajakan di rak-rak outlet.

“Kalau memang masih ada barang ya dijual, jangan disimpan, masyarakat lagi butuh jangan dibikin gaduh,” ujar Zaenudin

Bila tidak ada stok, lanjut Zaenudin, agar segera minta pengiriman dari distributor, dan jika tidak ada minyak bersubsidi ya datangkan yang non subsidi. Intinya jangan sampai minyak goreng menjadi langka dipasaran.

Zaenudin mengatakan dalam sidak tersebut pihaknya juga menemukan adanya permainan harga antara minya goreng bersubsidi dengan non subsidi. Pembeli diwajibkan membeli minyak goreng tersebut dengan dua harga meskipun jenis minyaknya sama.

Distributor memainkan minyak tersebut dengan dua order padahal jenis minyaknya sama.

Terhadap kasus tersebut, Zaenudin akan menindak distributor agar tidak lagi memainkan harga.

Dari sidak tersebut, para penjual mengaku senang dan berharap pemerintah dapat melakukan pengawasan ditingkat distributor agar pengiriman barang dapat lancar dan harga tidak dipermainkan. Sehingga stok minyak goreng selalu tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sidak secara acak, dilakukan Tim di kota Brebes dan selanjutnya di kota kecamatan lain, yang disidak, antara lain Yogya Mall, Nirmala Toserba, Aneka Swalayan, Indomaret Sultan Agung, Toko Sumber Urip dan Toko Gedogan serta beberapa los di Pasar Induk Brebes.

Hadir mendampingi Kepala Dinkopumdag, Kabid Perdagangan Dinkopumdag Kabupaten Brebes Maryono, Kasubid Idiologi Wasbang, Ketahanan Ekonomi, Sosbud dan Agama Kesbangpolda Kabupaten Brebes Abdul Haris dan Subko Humas dan Komunikasi Publik Dinkominfotik Wasdiun.
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+