-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    PESAN Indonesai (PI), Ingin Petani Sawit Dan Perusahaan Perkuat Kemitraan

    Sabtu, 22 Januari 2022, Januari 22, 2022 WIB Last Updated 2022-01-22T07:04:18Z

    Ads:




    PASER, indometro.id - 

    Petani Sawit Nusantara atau juga dikenal dengan nama PESAN Indonesia (PI), berencana segera mendorong pola kemitra'an antara para petani sawit mandiri dengan pihak-pihak perusahaan sawit yang ada di indonesia, termaksud diantaranya untuk wilayah Kabupaten Paser Kalimantan Timur.

    Sahrul.M salah satu deklarator organiasi PESAN Indonesia dari perwakilan Kalimantan Timur Kabupaten Paser pada November 2021 lalu di Bogor, mengaku PESAN Indonesia tingkat nasional sedang merancang agenda kerja.

    "Yaitu dengan mendorong pola kemitraan antara perusahaan dengan para petani agar perusahan di nusantara dapat memfasilitasi segala kebutuhan para petani dengan lebih serius dan tersistem" Ujar Sahrul pada awak media Pada Sabtu (22/01/2022).

    Menurut Sahrul.M, tujuan penting membangun kemitra'an antar perusahaan dan petani mandiri untuk ada kepastian dan kemudahan bagi petani dalam meningkatkan produktifitas hasil kebun dan juga agar terjaga kepastian harga atau kata lain agar harga dapat lebih stabil. Kata Sahrul.

    “Bahkan bila tidak memungkinkan terjadi kerjasama yang dapat memastikan peningkatan produktifitas buah sawit masyarakat dan tidak diperoleh kestabilan harga, maka PI melalui jaringan-nya mencoba untuk mendorong diciptakan pabrik tersendiri dalam membangun kesejahteran dan kemandirian petani sekala Nusantara”. tuturnya.

    Saat dikonfirmasi dari mana dan bagaimana cara PI akan memperoleh anggaran untuk mewujudkan cita-cita dan program kerja sekala nasional tersebut. Dengan santai Sahrul mengatakan, intinya salah satu dana yang dapat digunakan PI adalah bersumber dari pihak-pihak yang tidak mengikat dan paduli patani.

    Sedangkan jaringan dari PI antaranya adalah bergerak bersama rekan-rekan Non Govermen Organisen (NGO) semacam PADI Indonesia, WALHI Indonesia, SPKS Indonesia dan beberapa NGO lain yang memiliki kepedulian sama dalam mengkampanyekan dan mengadvokasi kepentingan-kepantingan masyarakat. 

    “Sebagaimana selama ini yang biasa dilakaukan oleh kawan-kawan organisasi petani sawit semacam SPKS yang pokus pada advokasi sisi kelembagaan atau organisasinya, maka PI akan hadir berfokus pada advokasi dan berkampanye pada sisi jaringan peningkatan ekonomi”. Ujar Sahrul yang juga mantan Ketua Serikat Petani Kelapa Sawit pertama di Kabupaten Paser pada tahun 2007 – 2010.
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini