-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Tingkatkan Mutu Guru, Dinas Pendidikan Gelar Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

    Senin, 15 November 2021, November 15, 2021 WIB Last Updated 2021-11-15T08:39:40Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Pangkalan Baru,indometro.id - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah melalui Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), menggelar Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi Guru se-Kabupaten Bangka Tengah di LPMP Kepulauan Bangka Belitung, Senin (15/11/2021).

    Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T., sewaktu membuka pelatihan ini mengatakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses yang sangat strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sehingga harus dilakukan secara professional. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan mutu guru sehingga menjadi guru yang profesional.

    "Pada prinsipnya bahwa peran guru sangat besar. Guru adalah tauladan dan menjadi contoh untuk anak muridnya. Manfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin untuk mengembangkan diri sehingga kegiatan ini akan menjadi motivasi Bapak/Ibu dan untuk jenjang karir di masa yang akan datang," harapnya.

    Senada dengan Bupati Bangka Tengah, Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Iskandar mengatakan bahwa pelatihan penelitian tindakan kelas merupakan bagian dari publikasi ilmiah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK Guru) adalah penelitian yang dilakukan di dalam kelas menggunakan suatu tindakan untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar agar memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

    "Banyak manfaat yang akan didapatkan dari PTK ini diantaranya meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran di kelas, mengembangkan kinerja profesionalisme guru, melatih guru untuk menjadi pemecahan masalah yang handal, melatih kreativitas guru, menumbuhkan rasa percaya diri guru dan meningkatkan kualitas lembaga sekolah," ungkapnya seraya menegaskan pelaksanaan pelatihan ini mulai tanggal 15 hingga 17 November 2021.

    Kagiatan yang dilaksanakan selama 3 hari ini menghadirkan para narasumber yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung. Kegiatan ini merupakan rangkaian ke 4 dari 8 kegiatan dalam Festival Hari Guru Nasional Tahun 2021, yang sebelumnya sudah dilakukan kegiatan Pelatihan Penulisan Ilmiah Populer, Pelatihan Penulisan Best Practice dan TOT Permainan (Ice Breaking) sebagai alat pendidikan guru PAUD/TK.

    Peserta Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas bagi guru- guru TK, SD dan SMP yang ada di Kabupaten Bangka Tengah ini diikuti sebanyak 50 orang peserta.

    Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Iskandar, Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Pendidikan Esdras Silverius Bangun , SH, Kepala Seksi Pembinaan GTK Dinas Pendidikan, Diyan Ekawati, S. Psi, Wakil Rektor II Universitas Muhamadiyah Bangka Belitung Maulina Hendrik, M.Pd dan Dosen Universitas Muhamadiyah Bangka Belitung  Iful Rahmawati Mega, M.Pd., serta para peserta kegiatan.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini