Tingkatkan Kualitas Kesehatan, 5 Pesantren Di Jakarta Selatan Ikuti Germas Pesantren Sehat

Baca Juga


Guna meningkatkan kualitas kesehatan di Pondok Pesantren, Kementerian Kesehatan Bidang Promosi Kesehatan yang bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, menyelenggarakan Germas Pesantren Sehat 2021. Kegiatan ini masing-masing menyertakan 5 Pondok Pesantren di 28 kota dan kabupaten di Indonesia.


Mendapat amanah sebagai pelaksana di Jakarta Selatan, LK PCNU Jakarta Selatan merangkul 5 Pondok Pesantren. 5 Pondok Pesantren tersebut adalah Ponpes Tahfidz Nurani, Ponpes Al-Kautsar, Ponpes Ibnussabil, Ponpes Ar-Rofi'i, Ponpes Isthisom. Masing-masing Pondok Pesantren mendapat pembekalan orientasi selama 2 hari. Setelah mendapat pembekalan, masing-masing Kader Pesantren Sehat menggawangi kegiatan SMD (Survey Mawas Diri), MMP (Musyawarah Masyarakat Pesantren, dan beberapa kegiatan lain yang berhubungan dengan TBC dan PHBS, di Pondok Pesantren masing-masing. 5 Pondok Pesantren ini juga akan mendapat dana stimulan masing-masing 4 juta. 


Menurut salah satu tim pelaksana Germas Pesantren Sehat di Jakarta Selatan, Wijianto, bahwa kegiatan berjalan lancar meski ada tantangan dalam pelaksanaan. "Pandemi COVID-19 adalah tantangan terbesar dalam kegiatan ini. Namun alhamdulillah, berkat sinergitas yang dijalin, kegiatan kita lakukan sesuai dengan prosedur, yaitu memperlakukan prokes sesuai aturan," Kata Wijianto saat dihubungi (29/11/21). 


Masih menurut Wijianto, Germas Pesantren Sehat di Jakarta Selatan juga melibatkan 5 puskesmas di masing-masing Pondok Pesantren berada. "Kita melibatkan 5 orang dari puskesmas di masing-masing wilayah sebagai pendamping. Puskesmas tersebut adalah Puskesmas Kelurahan Cipedak, Puskesmas Kelurahan Lenteng Agung, Puskesmas Kelurahan Tanjung Barat, Puskesmas Kelurahan Ciganjur, Puskesmas Kecamatan Jagakarsa," Wijianto menjelaskan. "Alhamdulillah semua puskesmas responsif dan memberikan yang terbaik dalam kegiatan ini," Tambah Wijianto.


"Saya mewakili tim pelaksana Gemas Pesantren Sehat Jakarta Selatan mengucapkan banyak terima kasih pada semua pihak yang terlibat. Para kiai, ustad, ustadzah, santri dan tak lupa rekan-rekan dari puskesmas, Bu Novi, Bu Citra, Bu Titi, Bu Hajar, Pak Gondo. Semoga apa yang telah kita lakukan mendapat berkah dan bermanfaat," Tutur Wijianto. "Santri sehat Indonesia kuat," Pungkasnya. 

Berikan Komentar Anda

Lebih baru Lebih lama