-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Pompa Hidram, Bukti Sentuhan TNI Atasi Persoalan Air Di TTS

    Kamis, 16 September 2021, September 16, 2021 WIB Last Updated 2021-09-16T10:07:43Z

    Ads:


    Ket Foto : Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Saat Meresmikan Pompa Hidram Di Desa Oelbubuk

    TTS,indometro,id


    Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak M.Sc mengunjungi Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sejak Rabu (15/9/2021).

    Dalam lawatanya di bumi Cendana,Salah satu agendanya  melakukan peresmian pompa hidram di desa Oelbubuk, Kecamatan Mollo Tengah,Kamis 16/9/2021.

    Pangdam IX Udayana didampingi Komandan Korem 161/Wira Sakti, Brigadir Jenderal (TNI) Legowo Jatmiko, Bupati TTS, Egusem Piether Tahun, Dandim 1621 TTS, Letkol Arm Roni Hermawan, Kapolres TTS AKBP Andre Librian, SIK.

    Rombongan diterima secara adat oleh masyarakat setempat di halaman SD Oelbubuk.

    Dalam arahannya, Pangdam mengatakan TNI membantu masyarakat untuk mengatasi persoalan kekeringan di TTS melalui pompa hidram.

    Meski memulai dengan hitung hitungan karna keterbatasan namun tetap dilakukan hingga sekarang.

    Terhitung hingga saat ini sudah 150 pompa hidram di wilayah Bali-Nusa dan khusus Kabupaten TTS memperoleh 40 unit pompa hidram.

    " TTS dapat 40 unit karna kondisi wilayah sangat kita ketahui melalui salah satu putra Kolonel Simon Putra Kamlasi.

    Padahal setiap provinsi dijatah 40 unit guna mengatasi persoalan air dan ini menjadi komitmen", ujarnya. 

    Selain mengatasi persoalan air juga diharapkan dengan adanya air bisa digunakan untuk holtikultura dan sanitasi sekaligus sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat.

    "Harus ada efek dengan adanya air yang sudah bisa dijangkau masyarakat. Kedepan TTS  didorong sebagai kabupaten percontohan bagi wilayah lainnya di Indonesia," Tambanya.

    Pangdam Maruli minta  masyarakat Desa Oelbubuk memanfaatkan secara baik air bersih yang sudah ditarik ke pemukiman masyarakat dengan menggunakan pompa hidram.

    " Manfaatkan secara baik air yang sudah dekat ini. Kembangkan potensi pertanian dan peternakan yang ada guna meningkatkan ekonomi masyarakat," pesannya.

    Bupati TTS Egusem Pieter Tahun pada kesempatan tersebut mengaku senang dengan kehadiran Pangdam Udayana. Ia menyebut suatu penghargaan bagi masyarakat TTS.

    Dikatakan, apa yang sudah dilakukan oleh TNI mulai dari Kodam,Korem Hingga Kodim melalui pompa hidram sangat membatu masyarakat karna Wilayah TTS sangat kesulitan air. Dan menjadi bukti komitmen bersama dalam mengatasi persoalan air di TTS.

    Ia lantas minta masyarakat khususnya desa Oelbubuk untuk jaga dan pelihara serta manfaatkan karna teknologi itu mahal sehingga perlu perhatian.

    Sementara itu tokoh masyarakat setempat,Obed Pay mengaku senang dengan adanya pompa Hidram sehingga bisa mendekatkan air ke masyarakat.

    "Selama ini kami ambil air dengan berjalan kaki kurang lebih satu kilo,namun kini sudah dekat dan sangat membantu masyarakat. Trimakasih untuk Pangdam ,Dandrem dan Dandim serta jajarannya",ujar Obed.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini