-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Warga Kecewa Desa Jamat Aceh Tengah Belum Tersentuh Jaringan Telekomunikasi

    batnews.site
    Jumat, 30 Juli 2021, Juli 30, 2021 WIB Last Updated 2021-07-30T14:28:45Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     

    Aceh Tengah, indometro.id – 

    Masih ada daerah di Kabupaten Aceh Tengah belum tersentuh jaringan telekomunikasi atau seluler dan internet, termasuk Kecamatan Linge, Kemukiman Wih Dusun Jamat, berjarak lebih dari 48,6 km dari kota Takengon, Aceh Tengah.

    “Kondisinya masih susah, kami masyarakat Jamat sangat sedih karena sinyal HP di suatu tempat atau titik, nyarinya ke bukit-bukit di sekitar kampung, sekitar 4 kilo gitu. Masalah sinyal memang kami udah lama enggak pernah merasakan enaknya akses internet gitu,” sebut warga Jamat kepada media.

    Lebih lanjut warga merasakan langsung betapa sulitnya mendapatkan jaringan seluler maupun internet, ditambah lagi kondisi jalan desa yang belum aspal.

    Menurut masyarakat sekitar, ada satu bukit yang biasa digunakan untuk mendapatkan jaringan seluler maupun internet, dan berjarak 5 km dari pemukiman penduduk Kemukiman Wih Dusun Jamat.

    Sekretaris Dinas Kominfo Aceh Tengah Maimun mengakui di Aceh Tengah terdapat 12 titik blank spot dan tersebar di 4 kecamatan, termasuk kecamatan Linge.

    Upaya pemerintah untuk mewujudkan Indonesia terkoneksi dengan adanya akses informatika dan telekomunikasi adalah dengan melaporkan ke Kominfo Pusat.

    “Blank spot ini kewenangannya pusat, kita sudah sampaikan ke Kementerian Kominfo dan belum ada realisasinya,” jelasnya.

    Pemerintah kabupaten Aceh Tengah saat ini kata Maimun tengah mendirikan tower triangle untuk mendukung kehadiran jaringan GSM, utamanya di Kecamatan Bintang dan Kecamatan Linge.

    “Kita membantu untuk jaringan GSM, kita minta bantu tower yang di Serule,” timpalnya.

    Sementara disinggung tindak-lanjut dari hasil penyampaian laporan daerah blank spot Kominfo Aceh Tengah ke Kementerian Kominfo di Jakarta, jelasnya sudah mendapat respon.

    “Udah turun, tapi mereka karena mungkin jangka panjang ataupun banyaknya daerah lain betul-betul blank spot yang mereka tangani, mereka mengantisipasi kemarin itu ada beberapa sekolah di daerah blank spot itu yang dibantu pusat, penggunaan langsung satelit,” ungkapannya.

    Sekretaris Dinas Kominfo Aceh Tengah tegaskan tahun ini persoalan jaringan telekomunikasi di kecamatan Bintang dan Linge sudah dapat diatasi.

    “Udah ada beberapa titik, udah kita naikkan tower, belum kita koneksikan, tinggal di Dedamar ini, tahun ini harus tuntas itu,” demikian sebut Maimun.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini