Ticker

6/recent/Ticker-posts

Gampong Uteun Gelinggang Menuju Desa Percontohan dan Perdagangan.

 

Menasah Gampong Uteun Gelinggang


Kabupaten Aceh Utara, indometro.id. Gampong atau Desa Uteun Gelinggang Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara  terus berbenah. Saat ini sedang dilakukan renovasi meunasah secara besar besaran termasuk pembangunan tempat wuduk yang terlihat sangat megah dan baru saja diresmikan pemakaiannya.

Sementara renovasi meunasah sendiri sudah mencapai 80%. Begitu juga terhadap penimbunan halaman dengan luas sekitar 50 X 20 meter dengan ketinggian 1 meter hingga sejajar dengan jalan raya. Dan untuk halaman depan meunasah sendiri akan dipasang batu keramik.

Keuchik Gampong Uteun Gelinggang, Yusuf Beransah SE saat bincang bincang mengenai
gampong yang dipimpinya ini mengatakan, terhadap renovasi meunasah bila selesai seperti yang direncanakan diperkirakan akan menelan biaya sekitar Rp. 1,2 milyar. Hingga menjadi meunasah termegah.

"Ya, gampong ini terletak sangat strategis bagi dunia usaha karena terletak di pinggiran jalan Nasional Banda. Aceh – Medan. Luas
Gampong sekitar 180 Ha, jumlah penduduk 4360 jiwa dan jumlah Kepala Keluarga 1198 KK”, sebut Yusuf Beransah mengawali laporannya.

Gampong ini berbatasan, sebelah utara dengan jalur rel kereta api/Gampong Bangka Jaya, sebelah selatan dengan jalan raya/Gampong Paloh Lada, sebelah barat dengan Gampong Ulee Pulo dan sebelah timur dengan Gampong Keude Krueng Geukueh/Tambon Baroh.

Dalam rangka pembanahan yang sedang dilakukan ini Yusuf Beransah mengaku atas kekompakan dengan dengan semua perangkat gampong tokoh masyarakat dan pemuka agama serta adat. Menurutnya gampong Uteun Geulinggang memiliki Visi-Misi bagi terwujudnya pemerintahan gampong yang bersih dan berwibawa. Semua kegiatan  baik pemerintahan, administrasi gampong dipusatkan di kantor Geuchik.

Kegiatan lain dalam upaya meramaikan meunasah induk serta meunasah Dusun
diadakan Majelis Ta’lim. Diantaranya pengajian, shalat berjamaah lima waktu. Sementara untuk kegiatan Pemerintahan Gampong, Geusyik bersama Lembaga Tuha Peut serta perangkat pemerintahan gampong lainnya rutin melakukan musyawarah untuk pembangunan gampong.

Sementara dalam hal kegiatan pembinaan peningkatan ekonomi masyarakat seperti, industri rumah tangga dan pembinaan keterampilan dimotori oleh PKK. Menjahit dan sulaman menjadi produksi andalan kaum perempuan di Gampong Uteun Geulinggan. Demikian halnya terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan yang meliputi Gotong Royong tetap diberlakukan bagi seluruh masyarakat dalam Dusun masing-masing. Termasuk Penyantunan Anak Yatim rutin dilakukan, setiap tahun dalam bulan suci Ramadhan.

Terkait dengan sumber dana, menurut
Geusyik Yusuf Beuransah selain dari sumbangan masyarakat juga melalui Badan Usaha Milik Gampong (BUMG) dan bantuan tokoh masyarakat lainnya. Halnya juga mengenai keberhasilan Gampong Uteun Geulinggang dalam berbagai lomba gampong baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. Gampong Uteun Gelinggang pernah meraih juara I Desa Model Kawasan Industri se Provinsi Aceh tahun 1986. Dan pada tahun 2009 pernah mengikuti perlombaan Desa Siaga dan mendapatkan Predikat Juara Harapan I. Dan yang sangat spektekuler ketika Desa Uteun Gelinggang berhasil meraih juara dalam lomba desa tingkat provinsi tahun 2014.

Mengenai dengan potensi bagi meningkatkan pendapatan Asli Gampong diperoleh melalui iuran dari pertokoan dan pedagang, Bengkel dan Pasar Hewan. Dalam hal kegiatan Organisasi Kepemudaan  yang tergabung dalam Karang Taruna Gampong juga pernah terpilih sebagai Karang Taruna terbaik se Provinsi Aceh tahun 2003.

Begitu juga Karang Taruna yang dinamakan Po Teumuewruehom pernah menjadi juara pertama Lomba Dalael Khairat se Kabupaten Aceh Utara pada tahun 2007. Uteun Gelinggang juga pernah menyandang Juara I Taman obat Keluarga (Toga) tahun 2003. Juara III Gam Mawar tahun 2002, Pos
Yandu Terbaik se Aceh Utara juga tahun 2002.

Sementara perlombaan bola kaki, bola volley juga rutin dilakukan dalam setap mumen. Begitu juga juga perlombaan tradisional seperti layang. Desa ini juga sudah memiliki sebuah Stadion Mini sedang dalam tahap pembangunan dan sudah bisa digunakan. Dalam kondisi ini, Geusyik memohon kepada Gubernur Aceh dan Bupati Aceh Utara berkenan meninjau sekaligus  memberi arahan dan bimbingan bagi terwutnya cita cita  bagaimana  Gampong Uteun Geulinggang menjadi lebih berkembang di masa mendatang.

Kalangan Ibu PKK Gampong Uteun Gelinggang menyebutkan, kegiatan PKK di gampopng Uteun Gelinggang mendominasi hampir semua induastri kerajinan. Mulai industri kerajinan rumah tangga, pembuatan kue dan alat ketrampilan lainnya banyak diproduksi di Uteun Gelinggang. Yang menonjol, sebutnya, wirausaha jenis kerajinan tangan didominasi oleh hampir semua kaum ibu..

Kawasan Perdagangan.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir sektor perdagangan di desa Uteun Gelinggang terlihat begitu menonjol sangat drastis dimana sederetan pertokoan mewah, Mall, Super Market, Kantin serta Warung terus bermunculan menghiasi pinggiran jalan. Bahkan kiri kanan jalan menuju pabrik eks PT AAF juga sekarang sedang dibangun pertokoan dan warung.

Menurut Camat Dewantara Nawafil Mahyudha saat diminta tanggapannya mengatakan, direncanakan, jalan ini nantinya akan menjadi
jalan utama keluar masuk baik menuju pelabuhan Krueng Gekueh maupun Kawasan Komersil Iskandar Muda Industrial Area (IMIA). Beberapa Tokoh Pemuda mengatakan, bila rencana jalan ini terwujut masyarakat siap mengawal menjadi jalan yang aman bagi semua.

Kaitan dengan perkembangan perdagangan di gampong Uteun Gelinggang banyak tokoh masyarakat meminta Pemerintah untuk segera membangun sebuah Pasar Rakyat. Menurut mareka Pasar Rakyat di Uteun
Gelinggang memang sudah mendesak pasalnya pasar Kreueng Geukueh sudah
sangat padat. Kemudian dengan dibangunnya Pasar Rakyat di Utuen Gelinggang semua hasil bumi dari Aceh Tengah dan Bener Meriah akan tertampung disini yang berpapasan langsung dengan  Simpang jalan KKA.

Mhd


Artikel Terkait