-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Kades Naga Kesiangan Enggan Komentar, Bantuan PKH di Alihkan ke  Bakti Sosial

    redaksi
    Senin, 12 April 2021, April 12, 2021 WIB Last Updated 2021-04-12T04:21:03Z

    Ads:

    Kades Naga Kesiangan Enggan Komentar, Bantuan PKH di Alihkan ke  Bakti Sosial


    Serdang Bedagai. indometro.id -  Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Hamdani Harahap diduga melakukan pemotongan bansos (bantuan sosial) non tunai PKH terhadap 9 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Naga Kesiangan. 

    'Penyunatan' dana itu dengan dalih akan dikembalikan ke Kas Negara namun dialihkan untuk kegiatan Bakti Sosial bersama, Pemerintah Desa Naga Kesiangan. 

    "Uang tunai dari bantuan PKH yang merupakan hak KPM, disetujui Kepala Desa Naga Kesiangan Sugianto untuk disalurkan ke anak yatim dan lansia" 

    Setelah dilakukan konfirmasi, Kades Naga Kesiangan Sugianto hingga kini enggan berkomentar mengenai hal tersebut. Minggu (11/4). 

    Sebelumnya, menurut Erliana Saragih, Warga Dusun II, Desa Naga Kesiangan, Kecamatan Tebing Tinggi kepada Wartawan, Jumat (9/4) sore melalui telepon selulernya mengatakan bahwa penyaluran bansos PKH Tahap II yang dilaksanakan beberapa minggu lalu diduga ada kejanggalan, ia dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) lainnya diarahkan Pendamping PKH agar mengambil uang bantuan PKH tersebut melalui agen dirumah Ketua kelompok di Dusun II, Desa Naga Kesiangan. 

    Pada penyaluran tersebut Saldo saya yang masuk ke KKS sebesar Rp1.625.000.- Namun yang saya terima dari Pendamping PKH hanya Rp.725.000,- ketika saya tanyakan mengapa diberikan segitu, Sisanya Rp 900.000, dimana pak, kata bapak pendamping itu bukan hak saya lagi dan akan dikembalikan ke Kas Negara. Padahal saat 'digesek' di mesin EDC saldonya semua masuk dan ditarik,"ujarnya. 

    Saat awak media menanyakan kepada ketua kelompok Dusun II Reni dikediamannya juga sebagai tempat berlangsungnya penyaluran dana tersebut, Apakah ada sejumlah KPM  yang mengalami pemotongan dana Bansos PKH pada saat penyaluran dan Berapa jumlahnya uang yang dipotong, Ketua kelompok telah membenarkan kejadian tersebut. 

    "Iya benar pak, ada 9 orang KPM yang dipotong langsung oleh bapak itu saat digesek, 3 orang dusun II, 1 orang Dusun III dan sisanya 5 orang Dusun V kemudian bapak pendamping itu mengatakan kepada ibu-ibu tersebut mereka tidak berhak lagi mendapatkan dana ini, nanti akan saya kembalikan ke kas negara, kalau jumlahnya bervariasi,"jelasnya. 

    Dari beberapa KPM yang dipotong Bantuannya mengatakan tidak terima dan sangat marah kepada Pendamping PKH yang baru 2 Bulan berada di Kecamatan Tebing Tinggi tersebut. "Kami dunia dan akhirat tak terima batuan kami di potong, dan itu hak kami"ungkapnya. 

    Terpisah, saat dikonfirmasi pendamping PKH Kecamatan Tebing Tinggi, Hamdani Harahap kepada wartawan, Sabtu (10/4) ia tidak membantah soal pemotongan bantuan tersebut. Setelah dilakukan pengumpulan pemotongan dari KPM, pendamping menginformasikan kepada Kades Naga Kesiangan. 

    "Saya informasikan kepada Kades bahwa ada uang sisa yang bukan haknya KPM agar diberikan kepada yang membutuhkan, dan akhirnya untuk uangnya itu sudah diberikan kepada lansia dan anak yatim,"ujarnya. 

    Dijelaskan Hamdani melalui pesan WhatsApp, saya sampaikan kepada mereka uang ini di kembali ke negara dan di sedekahkan sama anak yatim dan lansia. 

    "Sudah saya sampaikan seperti itu Pak?? Tapi mereka gak mendengarkan informasi yang sampaikan. 

    Saya sudah konfirmasi sama Pak Kades Bahkan sama Perangkat Desa di Naga Kesiangan dan Saya juga minta izin sama mereka untuk kegiatan acaranya. Mereka menyetujui Pak kalo uang itu di gunakan untuk anak yatim dan Lansia,"jawabnya. 

    (Rahmat Hidayat)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini