Ticker

6/recent/Ticker-posts

Giat Camat Betung Memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyuasin ke-19

Banyuasin, indometro.id- Meskipun Peringatan Hari Jadi Kabupaten Banyuasin yang ke-19 ini masih dilanda pandemi Covid-19, tapi tidak menyurutkan semangat pemerintah dan masyarakat Kabupaten  Banyuasin untuk merayakannya.

Banyak cara bisa dilakukan walaupun tidak seperti perayaan biasanya, seperti halnya yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Betung yang merayakan HUT Banyuasin dengan melakukan Upacara di Halaman kantor kecamatan Betung, Jumat (09/04/2021).

Giat dipimpin langsung oleh Camat Betung M.Sobir, S.Sos ini, bertepatan dengan Hari jadi Kabupaten Banyuasin.

Dalam kesempatan Camat Betung menyampaikan terkait Naskah Undang-undang pemekaran Kabupaten Banyuasin dimana Pasal 12 Ayat 2 UU No. 6 tahun 2002 bahawa peresmian Kabupaten Banyuasin serta pelantikan pejabat Bupati Banyuaain dilakukan oleh Mendagri atas nama persesiden paling lambat 1 bulan setelah UU ini di undangkan di tempat dan waktu yang sama.

“Dengan demikian pada peringatan kali ini kita telah bersepakat meluruskan sejarah berdirinya Kabupaten Banyuasin yang semula tanggal 2 Juli menjadi tanggal 10 April setiap tahunnya,” ujar Camat Betung, M.Sobir seraya menyebut bahwa HUT Banyuasin ke 19 Tahun 2021 mengambil tema ” Dengan Memperingati Hari Jadi Kabupaten Banyuasin ke-19, Kita Wujudkan Banyuasin Bagkit Adil dan Sejahtera Melalui 7 Program Unggulan dan 12 Gerakan Bersama Masyarkaat.

Kata dia, Semangat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Banyuasin baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang cukup melimpah, menjadikan Kabupaten Banyuasin memiliki daya saing yang tinggi di lingkup regional maupun nasional .

“Oleh sebab itu potensi yang dimiliki Kabupaten Banyuasin harus dimanfaatkan secara optimal dan dikelola secara bijaksana agar dapat berkontribusi mewujudkan Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera,” tutur pria yang pernah menjabat Lurah Betung

Untuk mencapai hal tersebut jelas dia, dibutuhkan persepsi dan komitmen yang sama dari seluruh pemangku kepentingan Kabupaten Banyuasin , sebab Pemkab Banyuasin menyadari keberhasilan untuk mewujudkan hal tersebut perlu dukungan dari semua pihak.

Dia juga menyampaikan ungkapan terima kasih dan apresiasi kepada yang setinggi tingginya kepada semua pihak baik Jupriadi (DPRD Faksi PDI-P), Asianto (DPRD Fraksi Perindo), Forkopimcam, Lurah, Aparatur Pemerintah,Kades, BPD, RW, RT, Toko Masyarakat, Alim Ulama, Ormas LMP, Karang Taruna, KNPI dan Cendikiawan serta seluruh elemen masyarakat yang telah bergotong royong, bahu membahu dengan kerja keras , kerja cerdas dan kerja Ikhlas untuk mendorong terbangunnya suasana aman, nyaman dan guyub di Bumi Sedulang Setudung sehingga terciptanya situasi yang kondusif untuk melaksanakan tradisi tahapan pembangunan dengan sebaik baiknya

Peserta Upacara yang berbahagia, secara emperik kita telah mendesain sebuah formulasi oprasional melalui 7 Program Prioritas daerah yakni, Banyuasin cerdas, Banyuaain sehat, Banyuasin Religius, Petani Bangkit, Infrastruktur Bagus, Banyuasin Prima dan Sistim Pemerintahan terbuka.

“Dan saat ini juga kita sedang bermetamorfosa dalam berbagai bentuk gerkan bersama masyarakat yang sudah di launching oleh Bupati yaitu kegiatan seperti, SI MANIS, BEGESAH, GERBANG KEREN dan RINDU, GEMA, GERTAS, GERBANG TOHARU, POLAWAN BUWEH dan GEMAR TUGAS,” urai dia.

Dia juga menyampaikan, dalam situasi pandemi virus Covid-19 hendaknya seluruh masyarakat tetap semangat. Camat Betung M.Sobir, S.Sos berpesan kepada masyarakat Kecamatan Betung khususnya, agar tetap waspada akan penyebaran virus yang telah menginfeksi jutaan manusia itu.

Selain itu lanjut dia, ditengah pandemi virus Covid-19 roda perekonomian harus tetap berjalan hingga dapat menumbuhkan tingkat perekonomian masyarakat dan membawa masyarakat yang berkecukupan.

“Kita tidak boleh menyerah dan jangan mengabaikan protokol kesehatan. Mudah mudahan kedepan perkembangan perekonomian akan lebih bergairah hingga dapat membawa masyarakat yang makmur dan sejahtera.”tandas dia. 


Tokoh Pemuda ketika dihubungi awak media,  Joni Karbot, S.Th.I mengakui bahwa, HUT Banyuasin berdasarkan Perda yang baru disahkan tahun 2020 tercatat tanggal 10 April dan bukan tanggal 2 Juli. 

“Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banyuasin yang biasanya digelar setiap tahun, tepatnya pada 2 Juli, mulai tahun 2020 perayaan sudah digelar 10 April, hari ini kecamatan Betung Melaksanan di Halaman Kecamatan Betung” ungkap Ketua Karang Taruna Kecamatan Betung dan aktivis Sosial Banyuasin

Menurutnya, perayaan HUT Kabupaten Banyuasin ke-19 yang digelar 10 April sudah berlaku tahun 2020 ini.

“Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten, bahwa perayaan HUT Banyuasin mulai tahun 2020  digelar 10 April lalu,” ujar Wakil Ketua MAC Laskar Merah Putih Betung.

Artikel Terkait