Ticker

6/recent/Ticker-posts

Aktualisasikan Nilai, Akmil Peringati Nuzulul Quran 1442 Hijriah

Taruna Akmil memperingati Nuzulul Quran 1442 Hijriah di Masjid Al Jihad Kompleks Akmil Magelang, Kamis (29/4/2021)
(Foto | Penhumas Akmil/Narwan Eska)

Magelang indometro.id - Taruna Akademi Militer memperingati Nuzulul Quran 1442 Hijriah/2021 Masehi, dengan penceramah Ka Bintal Akmil, Letkol Inf Dul Munib, M.Pd.I. Peringatan kali ini mengusung tema, “Aktualisasi nilai-nilai Nuzulul Quran 1442 H/2021 M di tengah pandemi Covid-19 guna mewujudkan TNI kuat, solid, profesional dan dicintai rakyat". Acara digelar dengan protokol kesehatan ketat di Masjid Al Jihad Akmil, Kamis (29/4/2021).

Dalam ceramahnya Ka Bintal Akmil menguraikan maksud peringatan Nuzulul Quran kali ini. Yaitu untuk meningkatkan keimanan terhadap kitab suci Alquran, yang merupakan bagian dari enam rukun iman.

(Foto | Penhumas Akmil/Narwan Eska)

“Diturunkannya Alquran bukan untuk mempersulit kehidupan umat manusia selama di dunia. Tetapi sebaliknya, untuk memberikan kemudahan menuju kehidupan abadi di akhirat kelak. Terutama bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT," tandas Ka Bintal. 

Letkol Dul Munib juga menjelaskan, Alquran merupakan petunjuk ke jalan yang benar. Sehingga dapat mengantarkan umat kepada harkat dan martabat yang mulia di sisi Allah SWT, dan sebagai pembeda antara yang haq dan yang batil. Agar manusia tidak terjerumus dan bergelimang dalam kebatilan yang dimurkai oleh Allah SWT. 

(Foto | Penhumas Akmil/Narwan Eska)
     
“Alquran juga sebagai penerang terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi oleh umat manusia. Sehingga dapat diselesaikan secara gamblang dan dapat diterima oleh semua pihak,” lanjutnya.

Selain fungsi-fungsi tersebut, Alquran mempunyai kandungan mencakup masalah keimanan, keislaman, akhlak, janji dan ancaman, serta sejarah atau kisah-kisah umat terdahulu. Untuk itu sebagai umat Islam harus memotivasi diri untuk membaca, mempelajari dan mengamalkan isi kandungan Alquran yang menjadi petunjuk bagi umat Islam. 

Hadir dalam peringatan Nuzulul Quran tersebut Direktur Umum (Dirum) Akmil Brigjen TNI Agus Prangarso, S.Sos, serta para Pejabat Distribusi Akmil. Acara berlangsung dengan tertib dan khidmad. Dengan harapan semoga Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk dan perlindungan-Nya kepada semua warga Akmil dalam melanjutkan tugas pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara. (Penhumas Akmil/Narwan Eska)

Artikel Terkait