-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Taruna Akmil Tingkat IV Ikuti Latsitarda ke Sumatera Utara

    Narwan Eska
    Rabu, 31 Maret 2021, Maret 31, 2021 WIB Last Updated 2021-03-31T05:15:14Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

    Taruna Akmil Tingkat IV siap berlayar ke Sumatera Utara untuk mengikuti Latsitarda.
    (Foto: Penhumas Akmil/Narwan Eska)

    Magelang,  indometro.id – Para Taruna/Taruni Akademi Militer Tingkat IV/Wreda melaksanakan apel pembentukan Satuan Tugas dalam Rangka Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara Ke-41 Tahun 2021, di Provinsi Sumatera Utara. Bertindak selaku pimpinan apel Wadanjen Akademi TNI Marsekal Muda TNI Sri Pulung D., S.E., M.Mgt.Stud., C.Fr.A. Sementara sebagai Komandan Apel Wadan Satgaslat Letkol (Mar) Didik Iwan. S., bertempat di Dermaga Tanjung Emas Semarang,  diikuti 750 Taruna/Taruni, Selasa (30/3/2021). 
    (Foto: Penhumas Akmil/Narwan Eska)

    Danjen Akademi TNI Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E., M.M. dalam amanatnya yang dibacakan Wadanjen Akademi TNI menguraikan Latsitarda Nusantara merupakan realisasi kurikulum Pendidikan Integratif Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian tingkat akhir. Sebelum mereka menyelesaikan tugas pendidikan di Akademi masing-masing.  

    Latihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para Taruna/Taruni sebagai kader pemimpin di masa depan dalam menyongsong tugas di masa datang. Dengan menanamkan dan menumbuhkembangkan mentalitas kejuangan dan cinta tanah air serta jiwa dan semangat integrasi. Sebagai upaya membangun soliditas TNI-Polri, sekaligus untuk memupuk sinergitas serta kemanunggalan bersama TNI dan Polri dengan komponen masyarakat di daerah.
    (Foto: Penhumas Akmil/Narwan Eska)

    Latihan pada tahun ini dilaksanakan di wilayah Provinsi Sumatera Utara, tepatnya di Kabupaten Binjai/Langkat, Kota Medan, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Deli Serdang serta Kota Tebing Tinggi. Di mana para Taruna/Taruni dapat mengenal adat-istiadat serta menjunjung tinggi kearifan lokal setempat, sebagai wujud rasa cinta tanah air berikut keberagaman budaya.

    Wadanjen mengatakan, Satgas yang dibentuk ini akan dipimpin oleh Danwing AAU, Kolonel (Pnb) Ardi Syahri, S.T., M.M., M.MA., sebagai Dansatgas, yang membawahi empat satuan pelaksana, yaitu: Satlak 1/Macan, Satlak 2/Hiu, Satlak 3/Elang dan Satlak 4/Kijang.

    Wadanjen Akademi TNI melanjutkan, untuk masing-masing terdiri dari Taruna Akmil, AAL, AAU dan Akpol, serta Mahasiswa di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Dengan kekuatan sejumlah 702 orang taruna, yang terdiri dari 227 orang Taruna/Taruni Akmil, 101 orang Taruna AAL, 91 orang Taruna AAU, 283 orang Taruna Akpol dan 100 orang Mahasiswa, yang nanti akan bergabung di daerah sasaran. Para taruna akan didampingi oleh para pengasuh, pembina dan pendukung kurang lebih sejumlah 176 orang.

    “Setelah terbentuk satgas/satlak, masing-masing taruna segera beradaptasi, saling kenal dan komunikasi. Ssehingga tercipta suasana kebersamaan, kekompakan dan rasa setia kawan antar matra,” ujarnya. 

    Para Taruna/Taruni telah mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Akademi Angkatan masing-masing, sebelum melaksanakan Latsitarda Nusantara ke-41 tahun 2021. Selanjutnya para peserta latihan ini akan melaksanakan berbagai kegiatan, baik fisik maupun non fisik, di wilayah sasaran masing-masing.

    Karya bakti yang meliputi perbaikan dan pembukaan jalan, perbaikan saluran air, tempat ibadah, sekolah, rumah tidak layak huni, serta fasilitas umum lainnya. Juga melaksanakan penyuluhan tentang kesadaran bernegara dan bela negara, sadar hukum, bahaya narkoba, pencegahan Covid-19 dan promosi untuk menjadi seorang taruna, serta mempromosikan tempat wisata. 

    Pada kesempatan itu Wadanjen Akademi TNI berpesan agar para Taruna/Taruni harus dapat menunjukkan kualitas jati diri sebagai calon-calon pemimpin masa depan dengan tetap semangat, disiplin, santun dan tidak sombong, sehingga dapat menjadi contoh dan suri tauladan oleh segenap masyarakat daerah sasaran. Latsitarda Nusantara ke-41 ini dilaksanakan masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka setiap individu harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

    Setelah apel akan menuju ke daerah debargasi Belawan Sumatera Utara menggunakan 2 KRI ditempuh kurang lebih selama 4 hari. Harapan Wadanjen waktu yang cukup lama ini sekali lagi dapat dimanfaatkan secara baik dalam rangka keberhasilan pelaksanaan Latsitarda Nusantara ke - 41 dan semakin terjalinnya integrasi antar Taruna. (Narwan Eska)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini