-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Demi Peningkatan Kompetensi Guru, Penilaian PKG Perlu Direview

Narwan Eska
Selasa, 30 Maret 2021, Maret 30, 2021 WIB Last Updated 2021-03-30T08:13:11Z
iklan disini :



Kasi Pengembangan Kompetensi Disdikbud Kabupaten Magelang, Yuli Syamsullah saat menyampaikan materi Bintek PKG.
(Foto: Narwan)

Magelang, indometro.id - Penilaian terhadap kinerja guru menjadi pekerjaan rutin dan dilakukan oleh kepala sekolah. Sehingga perlu untuk selalu ditinjau ulang (di-review) agar meningkat dan lebih baik dari waktu ke waktu. Peningkatan mutu guru diharapkan berimbas kepada peningkatan belajar-mengajar dan muaranya adalah meningkatnya mutu pendidikan.

Terkait hal itu, Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Peningkatan Kompetensi Guru tetang Penilaian Kinerja Guru. Kegiatan berlangsung selama empat hari mulai Senin 29 Maret hingga Kamis 1 April 2021.
Peserta Bintek PKG Korwil Disdikbud Windusari.
(Foto: Narwan)

“Meskipun menjadi pekerjaan rutin tahunan, namun para assessor diminta untuk merefleksi dan mereview penilaian, agar lebih baik dan meningkat,” kata Korwil Disdikbud Kecamatan Windusari, Drs. Murtadho saat membuka kegiatan, Senin (29/3/2021).

Ketua Penyelenggara Bintek, Sugiyanto, S.Pd mengatakan dasar kegiatan tersebut adalah Rapat Koordinasi antara Kepala Disdikbud Kabupaten Magelang, Kepala Bidang GTK, Kasi, Pengembangan Kompetensi, para Pengawas Sekolah, Korwil, dan K 3 S pada tanggal 15 Maret 2021 lalu. 

Peserta Bintek PKG mengikuti pelatihan dengan tekun dan khidmad.
(Foto: Narwan)

Adapun sebagai narasumber Bintek kali ini adalah Korwil dan Pengawas Sekolah Kecamatan Windusari dan dari Disdikbud Kabupaten Magelang. Bintek Peningkatan Kompetensi Guru (PKG) ini diikuti oleh kepala sekolah dan guru senior seluruhnya berjumlah 21 peserta.

Sugiyanto menandaskan, tujuan Bintek PKG ini agar bisa mereview kegiatan penilaian yang dilaksanakan setiap tahun. Sehingga penilaian terhadap kinerja guru nantinya lebih meningkat dan tepat sasaran.

“Semua peserta diharapkan dapat melaksanakan secara tepat untuk digunakan sebagai tindak lanjut guna peningkatan mutu pendidikan di Windusari,” tandas Sugiyanto.

Dalam paparannya, narasumber Eko Subiyanto, M.M.Pd menegaskan bahwa guru dinilai oleh beberapa komponen. Baik itu kepala sekolah, rekan kerja, siswa, walimurid, komite, maupun masyarakat. Sementara di sekolah secara kedinasan, penilaian kinerja guru diharapkan bukan asal dilakukan, asal dibuat, atau asal jadi. 

“Namun harus melalui proses yang benar,dan  menaati kriteria yang disepakati dan menjadi regulasi PKG,” tegas Eko.

Pada hari kedua, Selasa (30/3/2021) pagi, hadir Kasi Pengembangan Kompetensi dari Disdikbud Kabupaten Magelang, Yuli Syamsullah. Dia memberikan materi tentang ‘Kebijakan Pemerintah Tentang Penilaian Kompetensi Guru’. Disampaikan pula pihak Disdikbud Kabupaten Magelang mengucapkan terimakasih atas dilaksanakannya kegiatan tersebut, sebagai tindaklanjut keputusan rapat dinas.

“Kami juga mengucapkan terimakasih, Bintek ini berlangsung dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan, mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19,” pungkas Yuli Syamsullah. (*)


(Narwan S. K.)
Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+