-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Gunakan Polybag

    redaksi
    Senin, 22 Februari 2021, Februari 22, 2021 WIB Last Updated 2021-02-22T04:36:49Z

    Ads:

    Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Ajak Masyarakat Bercocok Tanam Gunakan Polybag


    Bali, indometro.id - Bercocok tanam dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan juga dapat dilakukan di lahan sempit seperti pekarangan rumah. Hanya saja pemanfaatannya oleh masyarakat saat ini belum maksimal, dimana masyarakat lebih memilih bercocok tanam di lahan luas yang jauh dari rumah. Padahal jika lahan sempit tersebut dioptimalkan, hasilnya juga dapat dinikmati untuk menambah penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    Untuk mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah tersebut, anggota Pos Oepoli Tengah Satgas Yonarmed 3/105 Tarik berinisiatif memberikan penyuluhan tentang cara bercocok tanam menggunakan media polybag kepada masyarakat perbatasan khususnya Kelompok Tani Oelbonak di Desa Netemnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dengan tujuan untuk mengajak masyarakat perbatasan agar dapat memanfaatkan lahan sempit di rumah untuk bercocok tanam.

    Menurut Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik Letkol Arm Laode Irwan Halim, S.I.P., M.Tr.(Han)., bahwa bercocok tanam menggunakan media polybag selain cukup praktis, dinilai juga sangat efektif dalam membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari seperti sayur-sayuran, buah-buahan maupun kebutuhan lainnya.

    "Pemahaman ini diberikan untuk menambah wawasan para petani setempat tentang berocok tanam yang efektif dan efisien dengan menggunakan polybag agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal lagi. Selain itu drainase dan aerasi polybag juga sangat baik, sehingga tanaman cepat sekali subur," jelas Dansatgas.

    “Keuntungan bercocok tanam dengan menggunakan media polybag adalah tanaman yang dibudidayakan tidak mengenal musim. Dengan begitu, dipastikan para petani dapat memanen kapan saja,” tambahnya.

    Pada kegiatan tersebut anggota Pos Oepoli Tengah mengajarkan cara mengolah tanah yang akan menjadi media tanam dengan mencampurkan tanah kebun, pupuk kompos dan pasir. Kemudian membagikan beberapa bibit tanaman gratis kepada Kelompok Tani Oelbonak sebagai bentuk dukungan Satgas kepada para petani yang hadir.

    Landis Kurbafe (46) salah seorang warga yang hadir mengungkapkan ini merupakan kali pertama baginya mendapatkan penyuluhan tani dari TNI. “Terimakasih Pak TNI, penyuluhan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami berharap cara cocok tanam lewat polybag bisa menambah penghasilan para petani," terangnya.

    (Nugraha)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini