Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Gelar Rancangan Awal (Ranwal) RKPD Tahun 2022

Pemerintah Kabupaten Deli Serdang Gelar Rancangan Awal (Ranwal) Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Tahun 2022


DELI SERDANG, indometro.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Darwin Zein S.Sos resmi membuka forum konsultasi publik Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) , tentang arah kebijakan pembangunan Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022.Bertempat di Lantai VI Wing’s Hotel Kualanamu, Kecamatan Batang Kuis,Kabupaten deli serdang kemarin Kamis (25/2).

Kegiatan ini juga  dihadiri oleh  para Asisten, Staf ahli, pimpinan OPD dan beberapa camat, dan Tampil sebagai narasumber pada kegiatan forum konsultasi publik Ranwal RKPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022 diantaranya Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara diwakili Kabid Pengendalian Evaluasi dan Perencanaan Pembangunan Dicky Anugrah,S.Sos,MSP, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU Wahyu Ario Pratomo,SE,MSi, Kepala Bappeda Deli Serdang Remus Hasiholan Pardede, dan Ketua FKUB Deli Serdang H Waluyo.

Sekda kab Darwin Zein S.Sos mengatakan  berdasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi Ranperda tentang RPJPD dan RPJMD serta tata cara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD bahwa forum konsultasi publik menjadi sarana untuk menyampaikan arah kebijakan dan kualitas pembangunan tahun 2022 sekaligus memperoleh saran dan masukan dari berbagai masyarakat dan pihak terkait yang kemudian menjadi bagian substansi dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Deliserdang Tahun 2022.

Tema kualitas pembangunan pada Rancangan Awal RKPD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2022 telah mempedomani arah kebijakan pembangunan tahun ke 3 yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Deliserdang Tahun 2019-2024 dan mempertimbangkan potensi, kondisi permasalahan serta dinamika yang aktual dihadapi saat ini akibat dampak pandemi Covid-19.Jelas Sekda Darwin Zein.

Oleh karena itu tema pembangunan Kabupaten Deli Serdang tahun 2022 adalah akselerasi pemulihan ekonomi dan kesejahteraan sosial yang diwujudkan melalui prioritas pembangunan Kabupaten Deliserdang tahun 2022 yakni 1. peningkatan kualitas mutu pendidikan, kesehatan dan pembangunan sosial. 2., pengembangan aksesibilitas dan kewilayahan. 3, optimalisasi komoditas dan produk unggulan daerah yang berdaya saing. 4. pemantapan pelaksanaan reformasi birokrasi.

Sekda Kab Darwin Zein juga mengatakan bahwa arah kebijakan pembangunan tahun 2022 yang merupakan tahun ke 3 RPJMD Kabupaten Deliserdang menitikberatkan pada keberlanjutan pembangunan pada sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan percepatan pemulihan ekonomi yang terus dikembangkan guna terwujudnya Kabupaten Deli Serdang yang maju, sejahtera.

Namun demikian, tetap mempertimbangkan kondisi kehidupan perekonomian global akibat pandemi Covid-19 yang mewabah di seluruh dunia maka pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Deliserdang tetap berkonsentrasi untuk pemulihan ekonomi melalui peningkatan dan pengembangan wilayah.

Melalui kegiatan ini saya berharap kepada seluruh komponen pelaku pembangunan yang hadir untuk dapat memberi kontribusi berupa ide dan pemikiran yang nantinya di sinergikan dengan kebijakan program pembangunan daerah sehingga sumbangsih tersebut dapat mewujudkan dan memajukan serta mensejahterakan masyarakat Kabupaten DeliSerdang.harap Sekda Darwin.

Sementara itu Ketua panitia Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD, Surya R Nasution mengatakan penyampaian beserta tema pembangunan Kab Deli Serdang tahun 2022 sebagai salah satu panduan dalam menyamakan persepsi dan pemahaman bersama tentang pedoman pembangunan tahun 2022, dengan tujuan diharapkan Dokumen Rencana Akhir RKPD nantinya yang disusun setelah Rancangan Awal RKPD ini, benar-benar aspiratif dan konsisten antara program prioritas dengan isu dan dinamika masyarakat Kabupaten Deli Serdang.

 Sehubungan dengan masih berlangsungnya pandemi Covid-19, kegiatan ini dilaksanakan terbatas dengan mengundang pemangku kepentingan utama serta tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

||DIDI||PEMKAB DELI SERDANG||

Artikel Terkait