Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pelantikan Pengurus Karang Taruna Desa Taja Raya II Periode 2021-2026.


Banyuasin, indometro.id - Pengurus Karang Taruna Desa Taja Raya II Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, masa Bakti 2021-2026 resmi dilantik di kantor Kepala Desa, Rabu (24/02/2021)


Pelantikan dihadiri Kepala Desa Taja Raya II, beserta jajaran perangkat desa dan para Kepala Dusun, Ketua  Karang Taruna Kecamatan Betung, serta Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama. 


Kegiatan berjalan lancar sesuai dengan rundown acara yang sudah di persiapkan dan menerapkan protokoler Kesehatan Covid-19 Sesuai anjuran pemerintah. Peserta dan tamu undangan sebelum masuk melakukan, cuci tangan, dan memakai  masker.


Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars karang taruna, yang di Lanjutkan dengan pembacaan SK kepengurusan dan pengukuhan, Kata Pelantikan dan Janji Pengurus, sekaligus Penyerahan Bendera Petaka dari Kepala Desa Taja Raya II, Khoirullah  ke Ketua Karang Taruna Desa Taja Raya II, Saharudin dan dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.


Setelah pengucapan janji pengurus Karang Taruna yang dilanjutkan pelantikan dan penyerahan Petaka Karang Taruna secara simbolis, dan Penanda Tanganan Berita Acara Pelantikan,  Pemberian SK oleh Kepala Desa Khorullah kepada Ketua Karang Taruna Desa Taja Raya II Saharudin.


Ketua Karang Taruna Kecamatan Betung Joni Karbot, S.Th.I, dalam sambutannya berpesan agar segenap karang Taruna berperan aktif sesuai Tugas dan Fungsi Kepengurusan, khusus Pengurus Karang Desa Taja Raya II, dimandatkan selalu hadir dalam kegiatan sosial Kemasyarakatan bersama Pemdes dalam musdes dan Musyawarah desa lainnya, pembahasan anggaran kepemudaan, hal ini belum cukup, karena di undang-undang desa itu jelas , Karang Taruna bagian dari Lembaga Kemasayarakat Desa (LKD) jika PKK adalah ibu-ibu sedangkan Karang Taruna adalah Pemudanya.


Menurutnya, karang taruna merupakan salah satu organisasi yang mempunyai tingkatan sampai ke desa dan di  SK oleh Kepala Desa, saya Ucapakan Selamat Kepada Pengurus Karang Taruna Desa Taja Raya II yang telah dilantik, silakan lengkapi program Kerja dan Kegiatan yang akan dilakukan, sesuai AD/ART mengacu ke Permensos RI No 25 Tahun 2019 Tentang Karang Taruna.


Sebab karang taruna harus ikut berperan aktif dalam program yang dilakukan oleh kementerian sosial, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Sosial Kabupaten Banyuasin, Dan arahan Karang Taruna Karang Taruna Kecamatan Betung, Kegiatan kepemudaan Sosial Kemasyarakatan yang ada di  Desa Taja Raya II.


“Ketua Karang taruna Kecamatan Betung, berpesan kepada semua Pengurus Karang Taruna Desa agar selalu berkerjasama dengan Pemerintah Desa dan sebaliknya Kepala Desa agar dapat selalu bersama dengan karang taruna dalam kegiatan Kepemudaan,” Tutupnya.


“Karang Taruna siap Mendukung Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Banyuasin Bangkit Adil dan Sejahtera, Kegiatan Kecamatan, Visi Misi Kepala Desa karena Karang Taruna adalah Organisasi Kepemudaan yang ada di Desa sebagai kawa candradimuka bagi pemuda dalam berorganisasi untuk belajar cara membimbing organisasi karena karang taruna adalah Generasi Pemuda Penerus merupakan calon pemimpin.” katanya.


Kepala Desa Taja Raya II, Khorullah  mengapresiasi pengurus karang taruna yang dilantik. kades Khoirullah berharap Karang Taruna Desa Taja Raya II, bisa menjalankan tugas dan fungsi masing-masing anggotanya dengan sebaik-baiknya.


"Karang Taruna adalah organisasi Sosial Kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah Desa Taja Raya II", tegasnya. 


Untuk mewujudkan pemuda Kreatif serta Inovatif, Kades Khorullah membutuhkan kerjasama yang baik antar seluruh pihak. Dia berharap, pihak lain juga ikut membantu, Karang Taruna Desa Taja Raya II harus bermental Juara bukan bermental jagoaan,  ucap Kades Khorullah. 


Sehingga dapat meningkatkan semangat pemuda yang selalu berlatih dan belajar, yang bisa mengajari rekan pemuda-pemudi Desa Taja Raya II, baik dalam bidang olaraga dan kegiatan lainnya.


Pemerintah Desa telah memiliki lapangan, gunakan dengan sebaik-baiknya dan pemerintah desa siap bersama karang taruna dalam kegaitan kepemudaan, ujar Kades

Ketua karang taruna Desa Taja Raya II yang dilantik, Saharudin dalam sambutannya mengatakan, akan menjadikan Karang Taruna Desa Taja Raya II lebih baik lagi kedepannya sesuai arahan Kepala Desa dan Ketua Karang Taruna Kecamatan Betung.


“Kami akan konsolidasi internal dengan melibatkan semua pengurus dan pemuda potensial untuk sama-sama membesarkan Karang Taruna Desa Taja Raya II. Amanah sebagai Ketua Karang Taruna akan saya jalankan dengan baik,” kata Saharudin.


Joni Karbot

Artikel Terkait