-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Kolang Kaling Putih Transparan Bermanfaat Bagi Tubuh Karena Nutrisnya Yang Banyak

    Senin, 15 Februari 2021, Februari 15, 2021 WIB Last Updated 2021-02-15T06:24:53Z

    Ads:



    Tebing Tinggi, indometro.id --- Kolang kaling adalah nama cemilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan. Kolang kaling yang dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti "benda-benda licin kecil" ini dibuat dari biji pohon aren yang berbentuk pipih dan bergetah. 

    Kolang-kaling mengandung kadar air yang sangat tinggi mencapai 93,8% setiap 100 gr. Buah ini mengandung protein, karbohidrat, vitamin, kalsium, potasium, zinc, zat besi, antioksidan, dan antiinflamasi. Tak heran bila dengan kandungan nutrisi yang tinggi kolang kaling sangat bermanfaat bagi tubuh.

    Kolang-kaling adalah inti biji buah atap, yang dikenal juga sebagai buah pohon enau atau aren. Nama latin pohon ini: Arenga Pinnata. Banyak yang menilai pohon itu adalah yang terpenting kedua setelah kelapa, karena serba guna. Daun, buah dan batangnya bisa digunakan.

    8 Manfaat Kolang Kaling untuk Kesehatan, dan Tak Hanya Menyegarkan ialah :

    - Antiaging. Cara Cegah Penuaan Dini.

    - Melancarkan Sistem Pencernaan. ... 

    - Mengatasi Osteoporosis. ... 

    - Mencegah Dehidrasi. ... 

    - Menurunkan Berat Badan. ... 

    - Mengobati Radang Sendi. ... 

    - Mencegah Anemia. ... 

    - Menjaga Imunitas Tubuh.

    Kolang kaling yang dikenal juga dengan nama buah atap ini berasal dari biji buah pohon aren.

    Namun, cara mengolah kolang kaling harus tepat, agar teksturnya empuk dan sedikit kenyal di bagian tengahnya.  Kolang kaling memiliki ukuran yang beragam. Ada yang bulat tebal, bulat pipih, dan pipih lebar, semua tergantung proses awal sebelum kolang kaling dijual di pasaran. 


    Untuk mendapatkan kolang kaling dengan tekstur empuk, pilih kolang kaling yang masih muda. Kolang kaling yang masih muda memiliki ciri fisik pipih, lebar, tipis, dan transparan/bening.

    Saat Anda membeli kolang kaling di pasar, pasti sudah dalam rendaman air. Air yang digunakan untuk merendam kolang kaling biasanya adalah air mentah.

    Air mentah membuat kolang kaling menjadi berlendir. Untuk menghilangkan lendir kolang kaling, cukup dibersihkan di bawah air mengalir hingga seluruh lendir bersih. Lalu, tiriskan kolang kaling.

    Terkadang, kita juga akan mendapati kolang kaling yang memiliki bau asam.

    Namun tidak perlu khawatir, kita hilangkan bau tersebut. Kolang kaling cukup direndam di dalam air bekas cucian beras, atau dikenal juga dengan istilah air tajin.

    Rendam kolang kaling selama 1-2 jam. Kemudian, bilas kolang kaling.

    Jika Anda ingin mendapatkan kolang kaling yang lebih empuk dan juga wangi, caranya cukup mudah. Kolang kaling yang sudah bersih, kemudian direbus bersama air, daun pandan, dan daun jeruk purut yang sudah dibuang tulang daunnya.

    Untuk masalah jenis nama dari makanan yang berasal dari kolang Kaling tentulah sangat banyak. Dilain waktu dan kesempatan,  kita akan bicarakan hal itu.

    Namun secara garis besar,  agar kolang kaling lebih nikmat, Anda juga bisa menambahkan gula pasir dalam air rebusan. Dan juga bisa menambahkan pewarna makanan, untuk mendapatkan kolang kaling yang berwarna warni.

    Setelah kolang kaling matang dan empuk, diamkan hingga benar-benar dingin. Lalu, kolang kaling bisa disimpan di dalam wadah tertutup rapat, dan letakkan di dalam lemari pendingin (kulkas)

    Kolang kaling bisa tahan hingga beberapa hari di dalam suhu dingin lemari pendingin (kulkas). 

    (Skn.53).


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini