Ticker

6/recent/Ticker-posts

Ferifikasi berkas di Pokja kecamatan muara beliti

Musi Rawas - Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021 dalam Wilayah Kecamatan Muara memasuki tahapan Verifikasi berkas Bakal Calon Kepala Desa.

Bertempat di Aula Kecamatan Muara Beliti, Selasa (23/02/2021),  7 Kandidat Bakal Calon Kades dari 2 Desa yakni Desa Suro (3 Bacalon Kades) dan Desa Muara Beliti Baru (4 Bacalon Kades) menjalani proses Verifikasi Berkas atau penelitian kelengkapan dan keabsahan administrasi bakal calon kades tingkat Kecamatan. Uniknya, selain Verifikasi berkas, Bacalon Kades juga diberikan kesempatan 20 menit untuk memaparkan Visi, Misi dan Program dari masing-masing Bacalon yang dilanjutkan dengan tanya jawab.

Tim Pokja Kecamatan Muara Beliti yang terdiri dari Camat Muara Beliti, Dicky Zulkarnain, Kapolsek Muara Beliti, Danposramil Muara Beliti, Kepala UPT Puskesmas Muara Beliti dan Korwil Diknas Muara Beliti satu persatu meneliti berkas pencalonan masing-masing kandidat, sesekali mereka berdiskusi terkait dengan dokumen yang ada di dalam berkas tersebut.

Dari hasil Verifikasi, menurut Camat Muara Beliti, Dicky Zulkarnain didampingi Kasi Pemerintahan Muara Beliti, Arief Candra mengungkapkan ada beberapa temuan dari berkas kandidat, namun hal tersebut hanya sebatas kesahalan penulisan dan format yang dianjurkan.

"Alhamdulilah, hari ini kita Pokja Kecamatan telah melewati proses verifikasi berkas Bakal Calon Kades Suro dan Muara Beliti, dan dimungkinkan Kamis atau Jum'at setelah temuan saat verifikasi di perbaiki oleh Kandidat kita akan kirimkan berkas terebut ke Pokja Kabupaten untuk di verifikasi lanjutan di tingkat Kabupaten,"papar Dicky.

Diungkapkan Dicky, verifikasi berkas pencalonan ini berbeda dengan periode yang lalu, dimana pada verifikasi periode ini kita selain melakukan penelitian berkas juga melihat dan mendengar langsung paparan visi, misi dan program dari masing-masing bacalon. 

"Dengan adanya paparan ini, diharapkan menjadi salah satu proses belajar bagi kandidat dalam menjelaskan visi dan misinya kepada masyarakat nantinya, selain itu, pada paparan ini kita memberikan masukan kepada kandidat untuk memasukan bidang-bidang yang belum tercover dalam visi dan misi seperti bidang kesehatan, pendidikan, keamanan dan lainnya.yang dianggap krusial diaplikasikan di desa,"paparnya

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kecamatan Muara Beliti, Arief Candra menambahkan Verifikasi tingkat kecamatan ini merupakan lanjutan dari tahapan verifikasi tingkat desa yang dilaksanakan oleh Panitia Pilkades Desa.

"Tahapan Verifikasi ini dimulai dari Tingat Desa, Kecamatan dan terakhir di tingkat Kabupaten. Setelah itu, Pokja Kabupaten akan melalukan penilaian dan akan mengeluarkan rekomendasi kepada Pokja Kecamatan yang diteruskan ke Panitia Desa untul ditetapkan menjadi Calon Kepala Desa,"jelas Chandra

Dijelaskan Chandra, setelah ditetapkan selanjutnya Panitia Desa akan menggelar penentuan nomor urut pencalonan dan selanjutya akan ada proses kampanye dan tepat tanggal 08 April 2021 akan dilaksanakan pemilihan langsung.

"Kita berharap Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Musi Rawas khususnya Kecamatan Muara Beliti berjalan dengan Lancar, Aman, Langsung Bebas dan Rahasia,"pukasnya

Adapun nama bacalon kades dari Desa Suro diantaranya Eli Marlina, Randi Saputra dan Abdul Jabar. Sementara dari Desa Muara Beliti Baru yakni Edi Susanto, Hermansyah, Amrulla Bayu dan Zaipul Basri. (*)

Artikel Terkait