Ticker

6/recent/Ticker-posts

Harga Cengkeh Anjlok, Bupati Surati Perusahaan Rokok

Harga Cengkeh Anjlok, Bupati Surati Perusahaan Rokok


Simeulue, indometro.id - Masyarakat Simeulue saat ini sedang panen raya cengkeh. Namun petani cengkeh dan masyarakat mengeluh terkait Harga pasaran cengkeh kering di Kabupaten Simeulue saat ini berkisar antara Rp 48.000-50.000 per kilogram.Sabtu 16 Januari 2021.

Masyarakat mengeluhkan harga jual cengkeh kering yang murah, tidak sesuai dengan biaya perawatan kebun yang dikeluarkan petani selama ini. Diperparah lagi biaya kebutuhan di daerah ini tergolong mahal selain karna pandemi covid 19 juga daerah Simeulue merupakan daerah kepulauan yang terpisah jauh oleh lautan dari daratan Aceh.

Sementara, Adahan Masyarah salah seorang warga Simeulue memaparkan ke media ini, bahwa di panen panen sebelumnya harga cengkeh kering di Simeulue pernah sempat tembus Rp 120 ribu perkilogramnya.

“Saat ini sangat jauh perbedaan Bila dibandingkan dengan harga jual cengkeh kering pada masa panen sebelum sebelumnya bisa tembus sampai Rp 120 ribu per kilogram”, ucapnya.

Tambahnya lagi, dikhawatirkan apabila harga jual cengkeh kering tidak mengalami kenaikkan, hal ini dapat mengakibatkan buah cengkeh musim panen saat ini tidak terpetik dikarnakan tidak ada tukang petik/tukang panen disebabkan harga jual cengkeh murah dan juga menimbulkan upah petik yang murah, sehingga bisa saja kebun cengkeh tidak terawat lagi seperti yang terjadi sekitar tahun 90-an. 

Dalam sebuah akun facebook Pemerintah Kabupaten Simeulue, memposting sebuah foto surat dalam  Menyahuti keluhan masyarakat. Pemerintah Kabupaten Simeulue bahwa melayangkan surat ke salah satu perusahaan rokok terbesar di jawa. Jelas dalam surat yang ditanda tangani Bupati Simeulue tersebut meminta agar perusahaan rokok PT.Gudang Garam Tbk. menampung dengan harga yang lebih dari harga pasaran di Simeulue saat ini.

Bahkan dalam surat tersebut, pemerintah Kabupaten Simeulue selain meminta ke perusahaan rokok untuk menampung salah satu hasil andalan bumi Simeulue . Juga berharap agar perusahaan rokok tersebut bisa mengupayakan harga pembelian ditingkat pengepul setidaknya pada kisaran harga Rp 85.000 per kilogram cengkeh kering.

Namun sangat disayangkan hingga berita ini tayang, Bupati Simeulue H.Erli Hasim saat di konfirmasi awak media ini melalui pesan dan panggilan Whatsapp , belum memberikan jawaban atau tanggapan terkait surat tersebut. 

(AA)

Artikel Terkait