Ticker

6/recent/Ticker-posts

Babinsa Dukung Program Pemdes Sawahjoho, Gerakan "Jumat Sehat"

Babinsa Bersama Jajaran Pemdes Dan Masyarakat Desa Sawahjoho Kecamatan Warungasem - Batang, Gotong Royong Bersihkan Tumpukan Sampah/ Muh.Indometro.btg (Dok) 


Batang, indometro.id - Kegiatan "Jumat Sehat" dilaksanakan rutin tiap hari Jumat, sejak dibawah kepemimpinan Kades Zaenal Arifin yang terpilih pada pilkades serentak tahun 2019.

Gerakan Jumat Sehat pada masa sebelum musim penghujan, biasanya di isi dengan Jalan Sehat pada tiap hari Jumat pagi yang di kuti seluruh jajaran Pemerintahan Desa (Pemdes) Sawahjoho, sebelum aktivitas pelayanan dimulai.

Namun pada musim penghujan, sebagai upaya menciptakan lingkungan kawasan desa yang bersih, Pemdes Sawahjoho bersama Babinsa Koramil 11/Warungasem ,Kodim 0736/Batang Sertu Purnomo bergotong royong dengan Masyarakat Desa Sawahjoho melaksanakan kegiatan kerja bakti membersihkan tumpukan sampah dan saluran air di Dk. Kepulen Rt. 08 Rw. 04 Desa Sawahjoho Kec. Warungasem,Kabupaten Batang,Jumat (22/01/2021).

Adapun kegiatan pembersihan lingkungan ini, atas kesadaran dan kebersamaan antara  Pemdes Sawahjoho, Babinsaa dengan warga masyarakat setempat.

Tumpukan sampah di sekitar saluran air dukuh Kepulen menimbulkannbau tak sedap dan berpotensi menyebabkan banjir.

"Kami bersama warga binaan Desa Sawahjoho melakukan kegiatan ini agar lingkungan menjadi bersih , dan pengendara yang lewat dijalan  tersebut agar tidak tergangu dengan baunya sampah" kata Babinsa.

"Selain itu sampah tersebut dibersikan agar tidak menutupi saluran air, saat ini musim hujan perlunya kita menjaga lingkungan yang bersih agar terhindar dari bencana banjir,"katanya lebih lanjut.

"Adapun sampah yang menumpuk berasal dari sampah rumah tangga, yang di buang oleh warga yang lewat dan membuang sampah di lokasi ini, karena jauh dari pantuan warga sekitar ," jelas Sertu Purnomo. 

Lanjut Sertu Purnomo, sampah yang menumpuk tersebut dibersihkan dengan menggunakan Cangkul dan garukan sampah kemudian dikumpulkan dimasukan ke mobil Sampah yang sudah disiapkan dan akan dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

"Kita berharap masyarakat sekitar tidak lagi membuang sampah sembarangan dengan demikian mampu untuk mencegah lingkungan kotor  yang dapat menimbulkan penyakit dan bencana banjir" harapnya

Sementara itu Kades Sawahjoho, Zaenal Arifin menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian Babinsa dan warga Desa Sawahjoho terhadap lingkungan.

"Terima kasih kepada pak Babinsa Sertu Purnomo yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini, dan juga warga yang guyub  rukun dalam kerja bakti pembersihan sampah" ungkapnya.

Ia pun menambahkan agar di masa pandemi Covid -19 dan cuaca ekstrim ini, senantiasa menjaga kesehatan, kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

"Terapkan pola 3 M, memakai masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan serta jaga kebersihan diri dan lingkungan" pungkasnya.
(*)

Muh.
 

Artikel Terkait