Ticker

6/recent/Ticker-posts

Nomor KTP Tidak Terdaftar Di E-Form BRI Padahal Sudah Daftar BLT UMKM Rp.2,4 Juta.?. Mungkin Ini Sebabnya.

Kantor Dinas Perdagangan Tebing Tinggi


Tebing Tinggi, indometro.id - Lakukan ini jika Nomor KTP tidak terdaftar di EFORM BRI padahal sudah mendaftar BLT UMKM Rp 2,4 juta, mungkin ini penyebabnya. Kemenkop UKM menargetkan 12 juta pelaku UMKM sebagai penerima bantuan ini. Pada tahap I, Kemenkop UKM telah menyalurkan bantuan kepada 9 juta pelaku UMKM. Sementara pada tahap kedua, total penerima bantuan ini ada sekitar 3 juta penerima BLT UMKM Rp2,4 juta. 

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memastikan pelaku usaha menerima BLT UMKM Rp2,4 juta tersebut, salah satunya melalui e-form yang disediakan oleh bank BRI di link eform.bri.go.id/bpum. Berikut cara untuk mengecek penerima BLT UMKM sebesar Rp2,4 juta secara online melalui e-form BRI. Masuk ke laman resmi https://eform.bri.co.id/bpum Terdapat 2 kolom yang harus diisi, yaitu nomor KTP dan kode verifikasi Isi kedua kolom tersebut Klik tombol "Proses Inquiry" Akan muncul pemeberitahuan apabila pelaku UMKM terdaftar sebagai penerima sesuai dengan NIK yang didaftarkan Jika terdaftar, maka para pelaku UMKM dapat mendatangi Bank BRI terdekat untuk mencairkan dana bantuan. Namun, hingga kini masih banyak pendaftar bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta yang merasa namanya tak terdaftar setelah mencantumkan Nomor KTP di link eform BRI.
Anda tidak perlu khawatir karena, terdapat jeda waktu sejak pendaftaran dan konfirmasi dari bank penyalur ada juga alasan lain kenapa belum dapat bantuan ini meskipun sudah mendaftar. Di antaranya adalah tidak memenuhi syarat sebagai penerima, bantuan masih dalam tahap proses, atau disalurkan melalui bank penyalur lain. Tanda lain Anda adalah penerima bantuan BLT UMKM Rp2,4 juta adalah Anda mendapatkan SMS dari BRI Info. Berikut contoh SMS yang dikirimkan BRI INFO kepada penerima bantuan ini: "Nsb Yth ..., pemilik rek ....., Anda terdaftar sbg penerima Banpres Produktif (BPUM), hub BRI terdekat utk verifikasi & pencairan". 

Sebagai informasi tambahan, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan, bila pelaku usaha tidak melakukan proses verifikasi atau pencairan dana, bantuan tersebut akan ditarik lagi oleh pemerintah. Jadi ketika disuruh untuk datang ya harus datang mengonfirmasi, lalu dicairkanlah dana tersebut," ujarnya. Pencairan dana BLT UMKM atau BPUM tersebut memiliki batas pencairan hingga tiga bulan. 

(Skn.53)

Artikel Terkait