Ticker

6/recent/Ticker-posts

Layanan Kepada Masyarakat Harusnya Menjadi Perhatian Dari BPJS Kesehatan

 Humas BPJS kesehatan Pangkalpinang Surya Atmajaya


Pangkalpinang, indometro.id – Humas BPJS kesehatan Pangkalpinang Surya Atmajaya, Selasa (15/12/2020) di ruang kerjanya mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, hampir semua pelayanan BPJS kesehatan sedikit membatasi layanan masyarakat.

"Namun kita tetap senantiasa berinovasi dengan memberi layanan terbaik bagi peserta. Salah satunya dengan mengembangkan Pandawa, ini merupakan layanan administrasi melalui WhatsApp.”Dari sudut pandang kita, sudah keseluruan masyarakat Bangka Belitung (Babel) pada umumnya, khususnya Pangkalpinang. Sudah memiliki dan menggunakan WhatsApp dengan Hp,” ucap Surya.

Seperti kita ketahui, masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat agak ragu untuk datang ketempat pelayanan kesehatan. Dengan pelayanan di WhatsApp, mungkin dapat mengantisipasi dampak virus yang memang sudah menyebar luas di Indonesia,” ungkap Surya.

Surya menambahkan, peserta dapat mengakses langsung pelayanan administrasi BPJS kesehatan, Medsos layanan bisa dilihat di instagram, twitter, dan facebook.”Ini sudah kita publikasikan,” tukasnya.

Namun rata-rata masyarakat datang ke BPJS kesehatan untuk mendapat pelayanan seperti, data peserta, pendaftaran baru, perubahan fasilitas kesehatan e-KTP dan cek iuran. Seharusnya dengat chat WhatsApp sudah bisa terselesaikan administrasi peserta, dan di tiap daerah tentunya memiliki nomor layanan yang spesifik dan berbeda.

Selain itu, kita juga ada program mobile JKN gunanya, untuk pengecekkan kartu yakni, kartu elektronik, ini bisa langsung dalam 1 keluarga. Seumpama kita lupa bawa kartu pada saat ke tempat pelayanan kesehatan, maka kita langsung bisa tunjukan kartu tersebut.

Ini merupakan aplikasi yang bisa di download di play store dan Apps store. Selain itu, kartu ini juga bisa kita pakai untuk antrian layanan kesehatan.”Cukup di rumah saja untuk ambil antrian, tidak perlu repot, untuk datang ke tempat layanan kesehatan. Program ini sudah berjalan di Jakarta  Buruan dan kita uji coba di Rumah Sakit Medika Stania, Sungailiat,” tutur Surya.

Lanjut Humas BPJS kesehatan Pangkalpinang, masih ada lagi manfaat mobile JKN yakni, menyediakan keterbatasan tempat tidur, bisa kita britgean dengan pihak rumah sakit. Termasuk juga jaminan obat-obatan yang dijamin BPJS kesehatan, resep yang kita dapat dari dokter bisa kita check juga melalui mobile JKN.”Obat ini kita beradaptasi dari Kementerian Kesehatan, dipakai seluruh Indonesia. Kalau saja masyarakat disuruh dokter beli obat karena ketersediaannya terbatas, silahkan lihat aplikasi ini,” ungkap Surya.

Perlu untuk diketahui masyarakat, BPJS kesehatan, sudah menjamin dan memfasilitasi rumah sakit dengan obat-obatan, jadi tidak perlu dibebankan lagi ke peserta.”Kalau saja itu terjadi dan pihak rumah sakit berkeras, silahkan hubungi BPJS kesehatan,” tutup Surya. 

(ID)

Artikel Terkait