Ticker

6/recent/Ticker-posts

Edukasi Covid-19, DPD RI, PPWI dan Karang Taruna Aceh Utara Gelar Bakti Sosial di Banda Baro

Kegiata Baksos di kecamata Banda Baro

Aceh Utara, indometro.id - Dalam rangka pencegahan penyebaran Covid 19, Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara berkerjasama dengan PPWI menggelar bakti sosial dengan memberikan edukasi Covid 19 dan penegakan protokol kesehatan (prokes) di aula kantor Camat Banda Baro, Rabu (30/12/2020).

Dalam aksi sosial ini juga membagikan 500 masker donasi dari senator asal Aceh H. Fachrul Razi, MIP kepada imum mukim, geuchik dan seluruh kader pengurus Karang Taruna Gampong dan Kecamatan Banda Baro. 

Ketua Karang Taruna Kabupaten Aceh Utara, Sarjani, ST menjelaskan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi dan edukasi kepada generasi muda dan masyarakat yang tidak menggunakan masker karena perkembangan pandemi covid-19 yang juga belum melandai. 

"Karena itu, kami datang memberikan edukasi ke masyarakat agar mengedepankan perilaku hidup sehat dan bersih. Dan juga osialisasi seperti ini harus terus digalakan karena saat ini kita masih dalam kondisi pandemi Covid-19,"sebut Sarjani, ST. 

Sosialisasi ini, lanjut dia, merupakan salah satu bentuk kepedulian Ketua Komite I DPD-RI, Fachrul Razi bekerjasama dengan PPWI dan Karang Taruna dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Aceh Utara.

“Kegiatan ini untuk mengingat kembali, bahwa kita masih dalam kondisi pandemi Covid- 19. Kita mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada, maka kita membagikan kembali masker, jadi kami ikut partisipasi dan mendukung penuh,” ujarnya.


Sarjani juga berharap kepada masyarakat Aceh Utara mematuhi kebijakan pemerintah dalam pencegahan covid-19. Termasuk meminta masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dalam beraktifitas. 

"Apalagi hingga saat ini belum ada perintah dari pemerintah untuk tidak memakai masker. Jadi,  jaga jarak,  tetap menghindari keramaian, jaga jarak, pakai masker,  dan rajin mencuci tangan pakai sabun di air mengalir untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Komite I Dewan Perwakilah Daerah Republik Indonesia Fachrul Razi, meminta organisasi Karang Taruna untuk terlibat aktif dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di seluruh pelosok desa di Aceh Utara.

Fachrul Razi menuturkan, penanganan penyebaran virus Corona tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, namun harus melibatkan seluruh elemen masyarakat salah satunya adalah Karang Taruna.

Fachrul Razi, juga berharap agar Karang Taruna Aceh Utara bisa berperan untuk mengatasi masalah-masalah sosial di tengah masyarakat. Kabupaten Aceh Utara yang terdiri dari 852 desa dari 27 kecamatan, tentu banyak problematika dan masalah yang dihadapi. Karang Taruna diharapkan harus menjadi garda terdepan untuk bisa menyelesaikan berbagai persoalan di desa.

“Saya sangat menaruh harapan kepada teman-teman Karang Taruna Aceh Utara untuk bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa khususnya di tingkatan paling bawah dengan memotivasi dan mengajak masyarakat berfikir positif, menumbuhkan semangat serta rasa optimisme di tengah masyarakat,” tutup Fachrul Razi. 

Mahdi

Artikel Terkait