Corputty: Penggunaan DAK fisik PAUD Harus Transparan dan Tidak Boleh Ada Orang Ketiga - Indometro Media

Berita Terbaru

Tuesday, September 8, 2020

Corputty: Penggunaan DAK fisik PAUD Harus Transparan dan Tidak Boleh Ada Orang Ketiga

Baca Juga

Foto bersama paska sosialisasi DAK fisik Bidang Pendidikan Jenjang TK
Foto bersama paska sosialisasi DAK fisik Bidang Pendidikan Jenjang TK

Maluku.indometro.id -Sejumlah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), akan menerima bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, untuk meningkatkan mutu sarana dan prasarana belajar. Pada tahun 2020 ini, DAK yang akan di distribusikan secara bertahap di tahun ini 2020 terdiri dari TK Darma Wanita Piru, Kecamatan, Seram Barat dan TK Negeri Satu Atap Latu, dan TK Kecamatan Amalatu Kab. SBB

Saat diwawancarai paska membuka sosialisasi prosudural penggunaan DAK Fisik bidang pendidikan yang berlokasi di gedung aulah Penginapan Mentari Piru, selasa, (8/9)

Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. SBB, Goflief Eugene Corpitty, S.Pi Selaku penanggung jawab alokasi DAK fisik untuk jenjang PAUD mengingatkan kepada para pengguna anggaran, untuk bisa mengunakan anggaran tersebut dengan baik. Ia juga meminta kepada para sekolah, untuk bisa transparan dalam menggunakan anggaran ini.

“Harus transparan dalam menggunakan anggaran ini,” ujar Corputty, saat diwawancarai paska sosialisasi DAK Fisik Bidang Pendidikan Dasar ini karena imbasnya akan berakibat fatal bagi penyelenggara dan pengguna DAK fisik jika ada indikasi yang merugikan negara.

Dengan transparannya penggunaan anggaran ini, maka para penggunaan anggaran, tidak lagi harus takut, jika didatangi oleh oknum-oknum yang datang menanyakan proses pembangunan yang sedang dilakukan" Kata Corputty.

Karena menurutnya, biasanya cukup banyak oknum-oknum yang datang dan mencari-cari kesalahan" ungkapnya kepada wartawan.

Selain itu Corputty juga menegaskan dalam penggunaan DAK fisik ini bersifat suakelola yang artinya penkerjaan dan penggunaan sepenuhnya di atur oleh pihak sekolah dan pihak komite jadi jika ada orang yang datang dengan mengatasnamakan pihak Pemeritah Daerah atau dinas pendidikan segerah di laporkan agar kita bisa mengambil tindakan tegas, 

"Dan apabila ada oknum sekolah yang masi nakal dalam penggunaan DAK fisik kami tidak segan segan untuk menghentikan proses pekerjaan dan menarik semua anggaran yang telah di kucurkan kepada pehak sekolah, dan akan di proses ke rana hukum tegas" Corputty.

Kepala seksi Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. SBB  Victor Apituley mengatakan, bahwa adanya DAK untuk pembangunan fisik sekolah dalam hal ini 3 TK penerima DAK fisik dan pengadaan tahun anggaran 2020 ini bertujuan untuk mewujudkan standar sarana dan prasarana belajar yang ada.

"Dengan adanya bantuan ini, diharapkan sarana dan prasarana belajar tersebut, bisa sesuai dengan standar pendidikan nasional" tambah Apituley.

“ Adanya DAK ini, bertujuan agar sarana dan prasarana belajar, sesuai dengan standar pendidikan nasional,” tutup Apituley. 


(Alwi)

No comments:

Post a Comment