Ticker

6/recent/Ticker-posts

Hari Bhayangkara, Kapolres Mesuji AKBP Alim Tinjau Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragab Begawe Caram

Kabupaten Mesuji ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragab Begawe Caram.

MESUJI, indometro.id - Desa Mulya Agung, Kecamatan Simpang Pematang, Kabupaten Mesuji ditetapkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragab Begawe Caram.

Kapolres Mesuji, AKBP Alim mengungkapkan alasan dipilihnya desa tersebut sebagai Kampung Tangguh Nusantara Ragab Begawe Caram.

Menurutnya, penetapan desa tersebut sebagai Pilot Project dilihat dari berbagai aspek wilayah. Mulai dari kesehatan dan akses masuk kampung dengan menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Selain itu, dari segi Dari Aspek SDM (Sumber Daya Manusia), Kesehatan, Ketahanan pangan, keamanan dan Teknologi Informasi Desa Mulya Agung sudah mampu untuk memberikan ketahanan pangannya sendiri.

"Termasuk aspek peternakan, perkebunan sampai tanaman palawija mereka sudah tanam di sini. Sehingga masyarakat di sini kita rasa mampu untuk mempertahankan ekonomi mereka apabila ada wabah Covid-19 atau ada bencana lainnya," tuturnya, Rabu (01/07/2020).

Untuk meningkatkan ketahanan pangan, pihak Polres Mesuji juga akan membina masyarakat agar siap dan tangguh tanpa bantuan dari Pemerintah Daerah.

"Jadi tidak selalu meminta bantuan dari Pemerintah, namun ke depannya bisa kita rasakan mereka ini bisa membantu masyarakat lainnya," kata Alim.

Dari situ nantinya pihak Polres bisa mengetahui potensi apa saja yang bisa dinaikkan di Desa Mulya Agung, agar bisa menjadi contoh bagi desa lainnya.

Apabila berhasil, Alim mengatakan akan pindah ke Desa yang lain untuk dibina seperti Desa Mulya Agung saat ini, per Kecamatan ada satu Desa menjadi Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragam Begawe Caram yang terdiri dari tujuh Kecamatan di Kabupaten Mesuji. Kegiatan ini masih dalam rangkaian Hari Bhayangkara ke-74 yang didampingi Wakapolres Mesuji Kompol M. Joni, para Kasat, dan Kepala Dinas PMD Kabupaten Mesuji Sunardi.

Selain itu, Kades Mulya Agung, Sonny Imawan mengungkapkan Terima kasih Kepada Pemerintah Daerah Mesuji dan Polres Mesuji yang telah menjadikan Desa Mulya Agung sebagai Pilot Project.

"Kami sangat siap di semua aspek yang menjadi kriteria sebagai Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragam Begawe Caram, baik itu dari aspek SDM, Kesehatan, Ketahanan pangan, keamanan dan Teknologi Informasi. Keunggulan kami adalah, meskipun dikelilingi daerah zona merah seperti OKI, Alhamdullilah warga kami sampai saat ini tidak ada yang terjangkit, dan sekuat tenaga kami putus mata rantai penyebaran Covid-19,"Jelasnya.

Selain itu juga, Sonny menghimbau kepada masyarakatnya agar tetap beraktifitas seperti biasa dengan menggunakan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumun, hidup bersih, dan hidup sehat.

Kadis PMD Kabupaten Mesuji, Sunardi mengatakan tujuh Desa yang nantinya menjadi Kampung Tangguh Nusantara Bumi Ragab Begawe Caram, yakni di Kecamatan Simpang Pematang Desa Mulya Agung, Kecamatan Panca Jaya Desa Adi Luhur, Kecamatan Way Serdang Desa Hadimulyo, Kecamatan Tanjung Raya Desa Gedung Ram, Kecamatan Mesuji Desa Wiralaga I, Kecamatan Mesuji Timur Desa Tanjung Mas Makmur, dan Kecanatan Rawajitu Utara Desa Sidang Gunung Tiga. (Raharja)

Artikel Terkait