Di Guyur Hujan, Sungai Masamba Meluap. Bupati Luwu Utara Turun Langsung Ke Lokasi Terdampak - Indometro Media

Berita Terbaru

Thursday, May 14, 2020

Di Guyur Hujan, Sungai Masamba Meluap. Bupati Luwu Utara Turun Langsung Ke Lokasi Terdampak

Baca Juga

Foto Bupati Luwu Utara (Indah Putri Indriani) turun langsung ke lokasi terdampak.



Masamba - Sulawesi Selatan, indometro.id  Curah hujan yang tinggi mengakibatkan aliran sungai Masamba tiba-tiba meluap dan menghanyutkan batang kayu pohon yang berasal dari hulu.

Akibatnya, beberapa pemukiman warga yang ada di Kelurahan Bone Tua, Bone, dan Desa Laba, Kecamatan Masamba, Kabupaten Luwu Utara, terendam banjir, Kamis (14/05/20) malam.
Banjir disertai lumpur dan sampah kayu itu membanjiri sejumlah permukiman warga di beberapa Desa dan Kelurahan di Masamba.

Musbar, salah seorang warga Bone Tua mengatakan jika debit air di sungai tersebut, tiba-tiba naik. Tidak hanya merendam sejumlah wilayah, seorang anak kecil bahkan nyaris terbawa arus.
Musbar menambahkan, air meluap hingga ke rumah warga. Bahkan di Desa Laba juga terkena dampak luapan air sungai. Selain Desa Laba, Kelurahan Sapek juga terkena dampaknya ada beberapa rumah yang kena banjir. Bahkan ada anak kecil yang hampir terbawa arus air sungai Masamba, jelasnya.

Begitu mengetahui kabar meluapnya sungai Masamba, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara bersama pemerintah kecamatan dan stakeholder terkait lainnya untuk segera bergerak cepak melakukan evakuasi dan assessment pasca terjadinya banjir tersebut, bahkan orang nomor satu di Luwu Utara itu langsung turun ke lokasi terdampak.

Tim harus bergerak cepat. Segera lakukan evakuasi dan lakukan pendataan kerusakan yang diakibatkan luapan sungai Masamba agar secepatnya bisa diambil tindakan, tegas Indah.

Merespon instruksi Bupati, Tim Kecamatan, BPBD, Dinas Sosial dan TAGANA bergerak cepar dan berhasil mengumpulkan 81 KK terdampak dan tidak ada korban jiwa. Tidak ingin berlama-lama, segera setelah mendapatkan data tersebut.

 Bupati Indah yang didampingi Camat Masamba, BPBD, dan Dinas Sosial melakukan penyaluran bantuan secara door to door hingga pukul 02.00 WITA atau Jumat dinihari (15/5). Bantuan ini berupa kebutuhan bahan pokok
Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui nilai kerugian akibat banjir tersebut.

No comments:

Post a Comment