Ticker

6/recent/Ticker-posts

Walikota Hendi Harap Ganjar Minta Daerah Sekitar Semarang Terapkan PSBB

                                                                                Foto: Pemkot Semarang


Jakarta, indometro.id - Walikota Semarang Hendra Prihadi (Hendi) meminta kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kepada daerah sekitar Kota Semarang. Hal tersebut berkaitan dengan permintaan gubernur yang juga ingin Kota Semarang untuk menerapkan PSBB.
"Kalaupun Kota Semarang harus PSBB, saya akan minta kepada pak Gubernur untuk daerah hinterland sekitar Kota Semarang juga bisa diberlakukan PSBB. Kalau keputusannya Gubernur memang bisa mengharuskan begitu (PSBB), kita siap," tegas Hendi, dalam keterangan tertulis, Selasa(21/4/2020).
Hendi mengungkapkan kekhawatirannya jika fokus PSBB hanya di Kota Semarang, maka akan berdampak sangat luar biasa kepada daerah sekitar jika tidak dipikirkan. Kemudian jika memang angka penyebaran menurun di Semarang tetapi tidak melakukan PSBB di sekitar maka bisa saja terjangkit lagi.
"Ribuan masyarakat yang setiap hari masuk dari Kendal ke Mangkang, dari Demak masuk ke Plamongan dan Kaligawe karena ada pabrik itu harus dipikirkan. Karena katakanlah begini, Kota Semarang ini PSBB, Clear! Kemudian angkanya turun, tapi daerah sekitarnya nggak dilakukan PSBB, begitu kita buka kembali lalu mereka masuk lagi, ya terjangkit lagi," jelas Hendi.
Sementara itu, Hendi juga mengungkapkan dirinya akan dipanggil oleh Ganjar untuk memberikan penjelasan terkait PSBB pada hari Selasa atau Rabu dan pada kesempatan itu dirinya akan menegaskan pandangannya.
"Warga Semarang bukan hanya orang mampu, dalam kondisi saat ini sudah mencapai 50% KK lebih yang kalau ini diberhentikan, mereka bingung. Suplai dari pemerintah kita siapkan, tapi selebihnya bagaimana?.Saya bukannya tidak mau PSBB, tapi kalau masih ada celah, apa kemudian yang terjadi di kota ini? Jangan emosional dalam menentukan hal ini," pungkas Hendi.
Sebagai informasi, Hendi juga terus berupaya mengawal distribusi bantuan sembako kepada masyarakat membutuhkan. Antara lain seperti yang dilakukannya di wilayah Mangunsari. Gunung Pati, Kota Semarang. Hendi ikut menyalurkan bantuan paket sembako, baik yang berasal dari Pemerintah Kota Semarang, swadaya masyarakat, maupun dari aksi sosial sejumlah perusahaan swasta.
Melalui pendistribusian bantuan kebutuhan pokok yang dilakukannya, ia meyakinkan bahwa Pemerintah Kota Semarang tidak hanya mengingatkan masyarakat untuk membatasi aktivitas yang beresiko tetapi juga memahami kesulitan yang dihadapi.

Sumber : detiknews