Ticker

6/recent/Ticker-posts

Tanggulangi Covid-19, Unair dan ITS Buat Robot Layanan Kesehatan

Add caption
SURABAYA, indometro.id – Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Surabaya (ITS) membuat robot layanan kesehatan untuk menanggulangi corona virus disease atau covid-19. Keberadaan robot itu disebut-sebut bisa membantu para tenaga medis dalam menjalankan tugas.
Rektor Unair Mohammad Nasih mengatakan pihaknya telah melakukan kolaborasi dengan ITS dalam pembuatan robot yang bertujuan untuk pelayanan penanganan pasien corona.
"Hingga saat ini progresnya sangat bagus dan siap diaplikasikan, tinggal proses penyempurnaan akhir saja yang insya Allah akan kita lakukan bersama-sama," ujarnya, Rabu 1 April 2020.
Sementara dr Niko Azhari Hidayat dari Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) mengatakan pembuatan robot yang dilakukan Unair dan ITS bertujuan mengirim obat, makanan, dan pakaian kepada pasien corona.
"Robot ini memiliki monitor yang bisa dilakukan komunikasi dua arah," ujarnya.
Artinya, kata dia, hal ini dapat meringankan kerja tenaga medis dan mengurangi kontak langsung dengan pasien corona serta mengurangi penggunaan APD.
Ia melanjutkan, robot ini juga dilengkapi monitor atau ponsel untuk mengontrol.
Robot tersebut diperkirakan diluncurkan satu hingga dua minggu ke depan. Ruangannya pun sedang dipersiapkan oleh pihak RSUA.
"Rencananya robot tersebut juga dilengkapi disinfektan untuk pasien," tandasnya.

Berita ini sudah terbit di OKEnews

Artikel Terkait