-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Peristiwa 2 April: Hari Lahir Sri Sultan Hamengkubuwono X

    redaksi
    Kamis, 02 April 2020, April 02, 2020 WIB Last Updated 2020-04-02T03:22:40Z

    Ads:

    Sri Sultan Hamengkubuwono X.
    JAKARTA, indometro.id – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai belahan dunia pada tanggal 2 April. Berikut ini beberapa di antaranya, seperti indometro.id rangkuman dari Wikipedia.org, Kamis (2/4/2020).

    1482 – Sunan Gunung Jati Tidak Mengirim Upeti ke Kerajaan Padjajaran
    Sultan dari Kesultanan Cirebon yakni Syarif Hidayatullah atau dikenal Sunan Gunung Jati. Memutuskan tidak mengirim upeti ke Kerajaan Padjajaran.
    Sunan Gunung Jati beralasan bahwa Kesultanan Cirebon sudah menjadi negara merdeka dan lepas dari kekuasaan Kerajaan Padjajaran.
    1595 – Belanda Sampai di Indonesia
    Tim ekspedisi dari Belanda yang dipimpin Cornelis de Houtman berangkat menuju kawasan Hindia. Dari perjalanan itu, Cornelis sampai di wilayah Indonesia sebagai sumber rempah-rempah. Mereka kemudian memutuskan mulai menguasai Indonesia.
    1801 – Pertempuran Kopenhagen
    Pada 2 April 1801, pasukan Inggris Raya menghancurkan armada milik Denmark. Kedua negara saling serang dalam Pertempuran Kopenhagen.
    Serangan pasukan Inggris Raya ke Kopenhagen tidak lain untuk merebut armada Denmark dengan cara mengincar penduduk sipil terlebih dahulu.
    1917 – Amerika Menyatakan Perang dengan Jerman
    Tanggal 2 April 1917 sangat bersejarah bagi Amerika Serikat. Kala itu Presiden AS Woodrow Wilson meminta kongres untuk menyatakan perang terhadap Jerman. Woodrow meminta AS ikut andil dalam Perang Dunia I.
    1946 – Sri Sultan Hamengkubuwono X Lahir
    Pada 2 April 1946, lahirlah Bendara Raden Mas Herjuno Darpito atau Sri Sultan Hamengkubuwono X di Yogyakarta. Ia adalah raja Kasultanan Yogyakarta sejak tahun 1989 dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta sejak 1998.
    Setelah Paku Alam VIII wafat, dan dengan melalui beberapa perdebatan, pada 1998 Sri Sultan HB X ditetapan sebagai Gubernur DIY masa jabatan 1998–2003. Dalam masa jabatan ini Sri Sultan HB X tidak didampingi wakil gubernur.
    Pada 2003, ia kembali ditetapkan sebagai Gubernur DIY untuk masa jabatan 2003–2008. Kali ini ia didampingi Wakil Gubernur Paku Alam IX.
    Sebagai Gubernur, Sri Sultan HB X menyatakan tidak mencari penghargaan dan piagam pengakuan. Menurut dia, peradaban kota memerlukan sentuhan kasih dan hati nurani.
    1963 – Terbentuknya Perguruan Silat Merpati Putih
    Pada 2 April 1963 terbentuk Perguruan Pencak Silat Beladiri Tangan Kosong (PPS Betako) Merpati Putih (MP). Merpati Putih merupakan salah satu aset budaya bangsa yang mulai didirikan pada 1550-an.
    Merpati Putih adalah singkatan dalam bahasa Jawa yakni 'Mersudi patitising tindak pusakane titising hening' atau 'Mencari sampai mendapat kebenaran dengan ketenangan'.
    1979 – Wabah Antraks Menjangkiti Rusia
    Pertama kalinya ditemukan wabah menyerang manusia di Ekaterinburg, Rusia. Sebanyak 62 orang yang tinggal di kawasan tersebut meninggal setelah terkena wabah antraks.

    Berita ini sudah terbit di OKEnews
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini