Ticker

6/recent/Ticker-posts

Pandemi Corona, DPR dan Pemerintah Sepakat PON 2020 Papua Ditunda

Ilustrasi
JAKARTA, indometro.id - Pandemi virus corona (Covid-19) yang mewabah di 34 provinsi di Indonesia ikut berdampak pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua. Akibat bencana nasional itu, DPR bersama pemerintah sepakat ajang pesta olahraga nasional itu ditunda.
Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengatakan, kesepakatan ditundanya pelaksanaan PON XX Papua usai pihaknya melakukan rapat secara virtual dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali pada Selasa 14 April kemarin.
"Kami menyepakati PON ditunda karena pandemi Covid-19 ini. Terkait hingga kapan penundaannya, tangga, bulan dan tahunnya, kita serahkan Menpora berkonsultasi dengan Presiden," ujar Huda dalam keterangan tertulisnya kepada indometro.id di Jakarta, Rabu (15/4/2020).
Dia menuturkan ada sejumlah pertimbangan mengapa pelaksanaan PON XX yang seharusnya digelar pada 20 Oktober-2 November 2020 tersebut harus ditunda.
Alasan pertama, lanjut Huda, sampai saat ini belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 akan berakhir, hal ini mengganggu seluruh tahapan persiapan. Dia mencontohkan tahapan yang terganggu misalnya pengadaan alat olahraga yang seharusnya tahapan pelaksanaan lelang dilakukan pada bulan ini dan tuntas pada Juni-Juli 2020, namun hal itu tidak bisa dilaksanakan.
"Sebab, ada negara-negara pembuat peralatan olahraga sekarang tidak siap karena pandemi Covid-19 juga. Mungkin ada yang harus dibeli di Eropa, China atau Jepang, praktis mereka enggak bisa, padahal PON tinggal lima bulan lagi sebenarnya," jelasnya.
Politikus PKB ini menuturkan alasan penundaan lainnya adalah kesiapan atlet juga ikut terganggu akibat wabah Covid-19. Termasuk juga kesiapan venue juga dinilai cukup berat karena di Papua juga sudah dilakukan pembatasan sejak sebulan lalu.
“Pengiriman barang dan lain-lain juga mengalami delay semua," papar Huda.
Lebih lanjut, dengan kondisi saat ini dia memprediksi tidak hanya PON 2020 Papua yang akan ditunda pelaksanaannya. Namun juga memberi dampak pada pelaksanaan event olahraga nasional dan internasional di tahun ini.
“Jika kondisi segera membaik, event olahraga nasional dan internasional diharapkan bisa mulai digelar secara bertahap pada Agustus-Desember 2020,” tandasnya.
Sekadar informasi, PON di Papua akan berlangsung pada 20 Oktober sampai 2 November 2020. Lokasi penyelenggaraannya di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Berita ini sudah terbit di OKEnews