-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    98 Calon Kades Ujian CAT, PMD Sergai Seleksi Peserta Pilkades

    redaksi
    Jumat, 06 September 2019, September 06, 2019 WIB Last Updated 2019-09-06T03:14:52Z

    Ads:

    ist

    MEDAN,INDOMETRO.ID – Menjelang pelaksanaan Pilkades serentak se-Kabupaten Serdangbedagai, Dinas PMD menggelar seleksi ujian metode Computer Asisted Test (CAT) kepada peserta calon kades di SMPN-1 Lingkungan VI, Kelurahan Tualang, Kecamatan Perbaungan, Kamis (5/9).

    Kadis PMD Sergai H Ikhsan MSi mengatakan, tahapan seleksi ujian tertulis tersebut diikuti oleh 98 peserta calon, dari 13 desa yang tersebar di 8 Kecamatan. 

    Kepada para peserta calon diberi waktu selama 120 menit untuk menjawab 60 soal yang telah disediakan. “Pergunakanlah waktu yang secukupnya untuk mengisi jawaban soal tersebut, harus percaya diri, jawab pertanyaan dengan sendiri, karena soal berbeda satu sama lainnya,” kata Ikhsan kepada para peserta.

    Selanjutnya, sambung Ikhsan, para calon kades akan mengikuti tahapan berikutnya, yaitu Psikometri dan Interview yang akan digelar selama 2 hari terhitung (9-10 ) September yang diikuti oleh 431 calon. 

    “Di sini, dalam tahapan Psikometri nanti dipandu oleh Psikolog, penguji akan melihat sejauh mana para calon siap atau tidak siap untuk menjadi kepala desa, karena tantangan menjadi kepala desa ke depannya semakin berat,” tutur Ikhsan.

    Usai ketiga tahapan selesai, kemudian hasilnya akan diumumkan pada 19 September bersama P2KD. Untuk peserta yang lulus, akan mengikuti Pilkades. 

    Dijelas Ikhsan, pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak akan digelar pada 30 Oktober mendatang, diikuti oleh 122 desa dari 431 calon. 

    Dari 431 calon yang terdaftar terdapat ada lebih 5 calon kades yang mendaftar dalam satu desa. 

    “Jadi dalam satu desa, ada terdapat lebih 5 calon kades yang mendaftar, maka para peserta calon harus mengikuti tahapan seperti ujian tertulis yang menggunakan metode Computer Asisted Test (CAT) yang kami gelar pada hari, setelah itu Psikometri dan Interview,” jelasnya. 

    Menurut Ikhsan, dalam tahapan seleksi ini, Dinas PMD Sergai melibatkan pihak ketiga yang ditangani oleh lembaga khusus untuk menguji para peserta calon Kades.

     “Tujuannya, agar setiap kepala desa yang telah dilantik tidak akan tersandung permasalahan hukum. 

    Tentunya calon kepala desa harus yang mempunyai kualitas dan berintergritas maupun kualifikasi dalam menjalankan pemerintahan desa,” tutur Ikhsan.




    Berita ini telah di terbitkan dan bersumber dari SUMUT POS


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini