-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    >

    Temukan Kami DI Fb

    Harga Cabai Merah Tembus Rp85 Ribu

    redaksi
    Selasa, 13 Agustus 2019, Agustus 13, 2019 WIB Last Updated 2019-08-13T09:09:27Z

    Ads:

    Pedagang merapikan sayuran yang didagangkan di Pusat Pasar Medan, beberapa waktu lalu.
    MEDAN,INDOMETRO.ID  Awal bulan Agustus 2019, harga cabai merah mahal dengan harga tembus Rp88 per kilogram saat menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah.
    Hal ini, mendorong pertumbuhan inflasi di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) bulan September 2019, mendatang.
    Ketua Tim Pemantau Harga Kebutuhan Pokok di Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan kondisi harga cabai mahal itu, sudah masuk di level tertinggi dari jangkau masyarakat.
    “Harga cabai merah menjelang Idul Adha ini, sekaligus menghantui kinerja inflasi di Sumut pada Agustus. Ditambah lagi di bulan ini masih ada perayaan hari besar lainnya seperti peringatan Kemerdekaan RI yang bisa kembali membuat harga cabai meroket,” tutur Gunawan.
    Gunawan menjelaskan, tidak hanya cabai merah, harga cabai rawit juga mengalami kenaikan yang signifikan dari kisaran Rp48 ribu per kilogram di awal bulan, saat ini dijual di kisaran harga Rp70 ribuan per kilogram.
    “Permintaan yang mengalami kenaikan menjelang Idul Adha menjadi salah satu pemicu meroketnya harga cabai saat ini. Dan bisa dipastikan kenaikan harga tersebut juga dipengaruhi oleh sisi persediaan yang tidak mengalami perubahan. Jika harga cabai merah bertahan di kisaran Rp85 ribuan hingga akhir bulan, maka inflasi akan kembali meroket di atas 1%,” jelas Gunawan.
    Gunawan menilai bila dibandingkan kinerja harga cabai menjelang Idul Fitri, lanjutnya, maka harga cabai menjelang Idul Adha tidak begitu berbeda. Bahkan di peryaaan Idul Fitri, harga cabai merah sendiri sempat diperdagangkan di kisaran Rp120 ribu per Kg.
    “Sementara itu, tren perkembangan harga daging sapi tidak mengalami perubahan yang signifikan. Di tengah permintaan yang cukup tinggi, harga daging sapai sejauh ini masih stabil di kisaran Rp110 hingga Rp120 ribu per Kg nya,” ungkap Gunawan.


    Untuk sejumlah harga komoditas pangan lainnya seperti bawang, semuanya masih terpantau normal. Harga bawang merah di kisaran Rp26.500 per kg.” Sementara bawang putih sejauh ini masih di kisaran Rp30 ribu per kg, tidak begitu mengalami perubahan harga yang signifikan,” pungkasnya. (sp)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini