-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Ternyata Ini Penyebab Nyirih Bisa Picu Kanker Mulut

    redaksi
    Senin, 17 Desember 2018, Desember 17, 2018 WIB Last Updated 2018-12-17T08:53:24Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    image_title
    Daun sirih
    INDOMETRO.IDKebiasaan mengunyah sirih dengan pinang telah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Banyak yang yakin, sirih bermanfaat untuk menguatkan gigi, namun banyak juga beredar info bahwa kebiasaan mengunyah sirih ternyata menimbulkan bahaya kanker mulut.



    Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker mulut, antara lain merokok, mengunyah tembakau, konsumsi alkohol, virus, pola makan dan latar belakang genetik. Dalam studi terbaru juga diungkapkan bahwa kebiasaan menyirih dapat menyebabkan kanker mulut.

    "WHO menetapkan tiga teratas penyebab kanker mulut, yaitu tembakau, alkohol, dan sirih," ujar Ketua Ikatan Spesialis Penyakit Mulut Indonesia (ISPMI), Drg. Rahmi Amtha, MDS, Sp.PM, PhD di Jakarta, beberapa waktu lalu.
    BACA JUGA:

    Tembakau kunyah maupun hisap dapat menimbulkan kanker mulut terjadi. Sementara itu, alkohol memiliki kandungan ethanol yang membuat pori-pori di rongga mulut mudah menyerap zat-zat karsinogenik yang masuk ke mulut.
    "Sirih sendiri sebenarnya mengandung antiseptik. Tapi sirih tidak dikonsumsi sendiri dan biasanya berbarengan dengan pinangnya. Pinangnya ini yang memicu kanker mulut," kata dia.


    Rahmi menuturkan, WHO menetapkan pinang yang dikunyah sebagai penyebab kanker mulut tersebut karena zat-zat yang dikandungnya. WHO menemukan empat macam zat bersifat karsinogenik di dalam pinang tersebut.
    "Empat macam zat karsinogenik ini yang membuat kanker mulut rentan mengintai. Apalagi, kebiasaan menyirih di Indonesia sampai saat ini masih menjadi sebuah keharusan seperti di wilayah Timur Indonesia," tegasnya. (vv)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini