-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Trump Sebut UE, Rusia, China Sebagai Musuh

    redaksi
    Selasa, 17 Juli 2018, Juli 17, 2018 WIB Last Updated 2018-07-17T03:02:03Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Trump Sebut UE, Rusia, China Sebagai Musuh
    Donald Trump
    INDOMETRO.ID- Presiden Donald Trump memang merasa banyak negara merupakan musuh Amerika Serikat (AS).
    Rasa banyak musuh itu disam­paikan Trump dalam wawancara dengan CBS Evening Newspada Minggu waktu setempat (15/7). 

    "Saya rasa kita punya banyak musuh. Saya rasa Uni Eropa adalah musuh, melihat apa yang mereka lakukan di perdagangan. Sekarang, Anda tidak akan berpikir Uni Eropa, tapi mereka adalah musuh," katanya dalam wawancara tersebut. 

    Dia juga menyebut dua pe­saing lainnya. "Rusia adalah musuh dalam hal-hal tertentu. China adalah musuh ekonomi, tentu saja mereka adalah musuh. Tetapi itu tidak berarti mereka buruk. Itu tidak berarti apa-apa. Itu artinya mereka kompetitif," kata Trump di klub golfnya di Turnberry, Skotlandia.

    Meski demikian, Trump tetap menghormati para pemimpin negara-negara tersebut. Tapi, dalam hubungan perdagangan, Trump mengklaim, negara-neg­ara itu banyak memanfaatkan AS, meski mereka sama-sama berada dalam aliansi NATO. 

    Ucapan Trump dilontarkan sehari sebelum bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, di Helsinki, Finlandia, Senin (16/7) waktu setempat. Trump selama ini memiliki hubungan yang dekat dengan Putin. Apal­agi, setelah Departemen Kehaki­man AS menyebut, ada 12 petu­gas intelijen AS yang meretas pemilu AS 2016 yang akhirnya memenangkan Trump.

    Tapi Trump menyebut, tidak berharap banyak dari pertemuan­nya dengan Putin. "Ekspektasi saya rendah dari pertemuan ini," kata Trump.

    "Menurut saya, kami akan berhubungan baik. Tapi pada akhirnya ia adalah saingan. Dia mewakili Rusia. Saya mewakili Amerika Serikat. Jadi sebenarnya kami merupakan saingan, bukan masalah teman atau musuh. Dia bukan musuh saya," kata Trump, seperti dilansir Reuters.

    "Mudah-mudahan suatu hari, mungkin dia akan jadi teman. Itu bisa saja terjadi tapi saya tidak mengenal dia, dengan baik."

    Setelah melabeli "musuh" aliansi Uni Eropanya, Presiden Komisi Eropa Donald Tusk mem­bantah pernyataan Trump lewat Twitter. "Amerika dan UE ada­lah teman baik. Siapa pun yang menyebut kami bermusuhan, dia sedang menyebarkan berita bohong," katanya, seperti dikutip Reuters.(rmol)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini