-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Jokowi Sebut Indonesia akan Mendapat Income Besar dari Freeport

    redaksi
    Kamis, 12 Juli 2018, Juli 12, 2018 WIB Last Updated 2018-07-12T07:24:59Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Jokowi: Indonesia Bangga Anak Bangsa jadi Juara
    Presiden Jokowi. Foto: Medcom.id/Lis Pratiwi.
    TANGGERERANG,INDOMETRO.ID - Presiden Joko Widodo mengaku mendapat laporan PT Inalum (Persero) telah mencapai kesepakatan awal dengan PT Freeport Indonesia mengenai hak dan kewajiban terkait pengelolaan tambang Grasberg di Papua. Jokowi menilai itu langkah awal untuk meningkatkan kepemilikan divestasi sebesar 51 persen.

    "Holding industri pertambangan kita Inalum telah capai kesepakatan awal dengan Freeport untuk meningkatkan kepemilikan kita menjadi 51 persen dari yang sebelumnya 9,36 persen. Alhamdulillah," kata Jokowi di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 12 Juli 2018.

    Menurut dia, usaha yang dilakukan pemerintah tak mudah dalam bernegosiasi dengan Freeport. Apalagi, perusahaan asal Amerika Serikat itu telah memegang porsi kepemilikan yang cukup besar selama puluhan tahun.

    Ia menilai kesepakatan yang dicapai Inalum ini sebagai lompatan yang luar biasa. Hal itu sesuai dengan harapan pemerintah. Sehingga, Indonesia bisa mendapat income yang lebih besar, baik dari pajak, royalti, deviden, serta retribusi.

    "Sehingga nilai tambah komoditas tambang bisa dinikmati oleh kita semua, kepentingan nasional harus dinomorsatukan," tambah dia.
    BACA JUGA:


    Untuk masalah teknis kesepakatan ini, Jokowi menyerahkan sepenuhnya kepada Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri ESDM Ignasius Jonan untuk menjelaskan lebih detail.(Mtn)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini