-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Hobi Lari, Kapolda DIY Didaulat Kirab Obor Asian Games

    redaksi
    Selasa, 17 Juli 2018, Juli 17, 2018 WIB Last Updated 2018-07-17T08:28:04Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh
    Hobi Lari, Kapolda DIY Didaulat Kirab Obor Asian Games
    Brigjen Pol. Ahmad Dofir
    INDOMETRO.ID-  Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) mendaulat Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Brigjen Pol. Ahmad Dofiri untuk membawa obor Asian Games saat pawai nanti.


    Jenderal bintang satu ini mengaku tidak ada persiapan khusus, lantaran memang hobinya berlari. Bahkan, mantan kapolda Banten ini tak mempersoalkan jarak yang nantinya bakal ditempuh saat membawa api abadi dari India itu. 
    loading...
    “Nanti panitia yang menentukan, saya gak tau. Pokoknya saya ikut saja, mau 1-2 kilo, oke," tegasnya saat ditemui di Museum Dirgantara, Yogyakarta, Selasa (17/7). 

    "Untuk seusia saya kalau untuk lima kilo masih bisa lah ya kira-kira," tambahnya meyakinkan. 

    Untuk pengamanan jalannya kirab obor Asian Games ini, kata Dofiri, Polda DIY telah menyiagakan 2.400 personel. Jumlah ini diperuntukkan karena di sepanjang jalan yang dilewati oleh peserta kirab obor akan dibuat pagar betis dari aparat gabungan TNI-Polri. 

    "Jadi kita akan berikan pengamanan semaksimal mungkin supaya berjalan dengan lancar," ujarnya. 

    Ia memastikan, situasi dan keamanan Kota Gudeg sama sekali tidak terganggu pasca penangkapan yang berujung ditembaknya tiga terduga teroris di Kaliurang, Sabtu (14/7) lalu. 

    “Yang terjadi pada Sabtu kemarin. Saya kira bagian dari pada pengamanan, supaya berjalannya pelaksanaan pawai obor yang akan dilaksanakan di Yogya nanti," pungkasnya. 

    Saat ini, api yang diambil dari New Dehli, India berada di Museum Dirgantara untuk diinapkan satu hari sebelum akhirnya dibawa ke Candi Bokoharjo esok sore Rabu (18/7). Kemudian, dari Candi Bokoharjo, api dibawa menuju ke Candi Prambanan yang akan disatukan dengan api abadi dari Mrapen, Jawa Tengah. 


    Nantinya, acara penyatuan api dari India dan Mrapen bakal disaksikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, Ketua INASGOC, Erick Thohir dan Chief De Mission Komjen Pol Syafruddin.

    Setelah itu, pada malam harinya api dibawa ke Keraton Yogyakarta.

    Pada hari Kamis (19/7), api dibawa dari Keraton menuju Tugu Pal Putih untuk dilakukan kirab. Selanjutnya api dikembalikan ke Candi Prambanan untuk dibawa keliling mulai kota Solo, Jawa Tengah dan beberapa daerah lain di Indonesia.

    Total ada 53 kota yang disinggahi api ini melalui pawai.(rmol)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini