Blangko Dukungan Kades untuk CAWABUP Beredar Luas, Ini Imbauan BAWASLU OKI

Daftar Isi

OKI, Indometro.id-

Sebuah Blanko yang bertuliskan dukungan para Kepala Desa untuk Amroni Kades Mulya Jaya Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk maju sebagai bakal calon wakil Bupati OKI beredar luas di sejumlah grup WhatsApp.

Blanko surat dukungan Kades kepada Amroni sebagai calon Wakil Bupati tersebut untuk mendampingi Muchendi Mahzareki calon Bupati OKI periode 2024-2029.

Entah siapa yang membuat blanko surat dukungan tersebut, namun jika diperhatikan Blanko itu diduga sengaja dibuat untuk setiap kades dimasing-masing kecamatan melalui ketua forum Kades.

Diketahui Amroni juga merupakan Ketua Forum Kades Mesuji Raya, salah satu blanko yang beredar adalah di Kecamatan Pampangan OKI, meskipun kondisinya masih dalam keadaan kosong.

Ketua Forum Kades Kecamatan Pampangan Darwis saat dimintai penjelasan terkait hal tersebut menyampaikan tidak tahu menahu tentang masalah tersebut.

“Ya kalau memang ada blangko dukungan itu dan ditandatangani Kades, apalagi disertai cap basah sama saja Kades itu bunuh diri,”jelasnya.

Terpisah Ketua Forum Kades Kabupaten OKI Bambang Irawan menanggapi adanya blanko surat dukungan yang beredar tersebut mengatakan benar adanya.

“Kita akui memang ada beredar blangko minta dukungan kepada Kades-kades terkait akan majunya Amroni Kades Mulya Jaya Kecamatan Mesuji Raya sebagai bakal calon Wakil Bupati untuk mendampingi H Muchendi sebagai bakal calon bupati OKI.

“Ya inikan cuma sekedar permohonan tidak ada arahan terkait hal dukungan ini, kades-kades kita sarankan untuk kiranya netral di Pilkada OKI 2024,”ungkapnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ilir, Romi Maradona saat dikonfirmasi pilarinformasi.com terkait beredarnya foto balangko surat dukungan Kades di WhatsApp untuk maju sebagai calon Wakil Bupati OKI, diruang Kerjanya, Rabu (12/06) mengatakan sudah mengetahui adanya informasi tersebut.

“Saya sudah mendapat informasi atas hal tersebut, kalau memang terbukti yang membuat pernyataan surat dukungan itu oknum Kepala Desa, Jelas itu pelanggaran”, Katanya.

Romi mengatakan, Aparatur Pemerintahan Desa harusnya bersifat Netral dalam menghadapi PILKADA OKI 2024.

“Kalau ada buktinya, silahkan laporkan ke BAWASLU OKI, tentunya setiap laporan yang masuk ke BAWASLU akan diproses sesuai aturan”, Jelasnya.

Romi mengimbau kepada seluruh Aparatur Pemerintahan Desa harus bersifat netral demi kelancaran PILKADA OKI 2024.

“Diharapkan seluruh Kepala Desa di Kabupaten OKI bisa Netral, karena Kades merupakan unjung tombak dari Pemerintah Desa itu sendiri dan jangan sampai ada intervensi dari pihak tertentu, demi kelancaran pelaksanaan PILKADA agar berjalan dengan baik, jujur dan adil.

Posting Komentar

Ads:

#
banner image