PALEMBANG, INDOMETRO.ID – Kodam II/Sriwijaya, Palembang, Sabtu (16/12/2023) sore menggelar kompetisi musik bagi Mahasiswa dan Pelajar yang dikemas dalam Festival Band Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kodam II/Sriwijaya, yang jatuh pada tanggal 1 Januari 2024 mendatang.

        

Hal tersebut dikatakan Kapendam II/Sriwijaya, Kolonel Arh Saptarendra P, dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Sabtu 16/12/2023).

Ia mengatakan, Festival Band dalam rangka HUT Ke-78 Kodam II/Swj yang berlangsung di Lapangan Apel Makodam II/Swj Palembang ini diikuti 18 Grup Band Remaja, mulai dari SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi.

Ratusan penonton antusias menyaksikan para finalis band mahasiswa/pelajar, dan festival ini juga diikuti grup band umum dari Kota Palembang.

“Kodam II/Sriwijaya memang memiliki perhatian khusus pada generasi muda, baik untuk mengasah kemandirian maupun kreativitasnya”, kata Kolonel Arh Sapta.

“Ada beberapa kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Ke-78 Kodam II/Swj, salah satunya festival band bagi mahasiswa dan pelajar ini untuk menunjukkan bakat dan kemampuan musikalitas mereka”, jelas Sapta.

“Kita memotivasi para pemusik muda untuk terus berkarya, salah satunya dengan digelarnya Festival Band ini”, ujarnya.

Menurutnya, untuk unjuk kemampuan, kini jalannya makin terbuka lebar. Sekarang itu bermusik tidak harus masuk studio rekaman, manfaatkan yang ada. “Panggung ini adalah salah satu cara untuk para pemuda tampil eksis”, kata dia.

Lanjut Sapta, Kodam II/Swj sengaja memberikan ruang yang luas bagi pemuda untuk berkreasi sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas dan bakat mereka.

Tidak hanya ajang musik, Kodam II/Swj juga punya acara bagi pelajar dan mahasiswa, melalui kegiatan seni budaya yang menampilkan anak anak muda daerah.

“Kami terus memberikan panggung bagi mereka untuk dapat memupuk kepercayaan diri dan memperkaya pengalaman. Karena generasi inilah yang akan mewarnai Indonesia ke depan,” pungkasnya.

Dalam Festival Grup Band ini, ditampilkan berbagai macam genre musik dari seluruh peserta dengan menyanyikan 1 lagu wajib dan 1 lagu pilihan yang telah disediakan oleh panitia lomba. Untuk Juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan piala, trofi dan uang pembinaan.

Untuk kategori umum, Father & Son’s Band berhasil meraih Juara 1, Black Galaxy Band Juara 2 dan Juara 3 diraih oleh SORA Band.

Selanjutnya, untuk Kategori Perguruan Tinggi dan SMA Sederajat, Juara 1 diraih oleh Countless Band dari Univ PGRI, Juara 2 diraih Skanam Band dari SMKN 6 dan Juara 3 diraih Reborn Band dari Polsri.


Laporan : Jhon Heri