-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Mahasiswa KKN-PPM UNIMAL Berdayakan Masyarakat Lhok Jok Kembangkan Budidaya Lebah Madu

    Zulkifli AEN
    Rabu, 29 November 2023, November 29, 2023 WIB Last Updated 2023-11-29T11:15:22Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Aceh Utara. Indometro. Id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 115 dari Universitas Malikussaleh dengan DPL Dr. AHMAD FAUZUL HAKIM HASIBUAN, S.E.I., M.E.I Mengembangkan Budidaya Lebah Madu di Desa Lhok Jok, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara. Minggu, (12/11/2023).

    Melalui Kegiatan pengembangan budidaya lebah madu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui peningkatan produktivitas serta pemasaran madu ke dunia online tentang  (Madu Kelulut Trigona).


    Manfaat Madu Kelulut Trigona dapat : Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Mencegah Stroke, Memperkuat Fungsi Otak dan Jantung, selanjutnya bisa membantu pengobatan diabetes, Mencegah Penyakit Kangker, Mengobati Asam Urat dan Kolesterol, Mengobati Sakit Mag, Mengobati Rematik dan Pegal-pegal, Mengobati Batuk, serta mengobati Infeksi Saluran Kencing

     

    Baizul Khalis,selaku pemilik usaha madu kelulut " Saya berharap Mahasiswa KKN Unimal dapat  mengembangkan usaha budidaya lebah madu ini dengan memasarkannya agar lebih dikenal lagi oleh banyak orang, Mengingat lebah ini sifatnya tidak memiliki sengat, dan mampu menghasilkan madu yang khasiatnya juga tidak kalah bagus dari madu yang dihasilkan oleh lebah madu pada umumnya. Madu Kelulut ini memiliki karakteristik yang berbeda dari madu biasanya, madunya memiliki aroma khas asam, rasanya manis asam, berbuih/bergas" 


    Mahifuddin selaku geuchi merespon positif kegiatan pengembangan budidaya lebah madu yang dilakukan mahasiswa kkn ppm kelompok 115 unimal.

    "Gampong ini sangat senang dengan adanya budidaya lebah madu lokal seperti madu kelulut yang bisa menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat bukan hanya di gampong lhok jok, budidaya lebah trigona.."


    Sebelum terjun ke lokasi, mahasiswa KKN PPM Unimal  melakukan observasi dan koordinasi dengan didampingi Dosen Pembimbing Lapangan/ DPL (Dr. Ahmad Fauzul Hakim Hasibuan, S.E.I., M.E.I) dan bertemu Kepala Desa Lhok Jok (Muhifuddin). Dosen DPL dan Geuchik mengapresiasi kegiatan yang dibuat oleh kelompok kkn 115 yang mengembangkan usaha lokal masyarakat sehingga bermanfaat meningkatkan potensi lokal ekonomi masyarakat


    Mahasiswa KKN PPM kelompok 115 ikut serta dalam proses pengembangan lebah madu mulai dari pembuatan sarang lebah sampai proses tuai madu, serta mempromosikan melalui media sosial agar lebih banyak dikenal lagi oleh masyarakat.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini