-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    PPDI Dumai Dilantik, Gelorakan Kemerdekaan Pers Dan Profesionalitas Wartawan

    Rabu, 11 Oktober 2023, Oktober 11, 2023 WIB Last Updated 2023-10-12T13:53:22Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


     
    Indometro.id Dumai Riau,
    Organisasi Pers, Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI) terus bergerak dengan semangat mengusung visi gelorakan kemerdekaan Pers dan profesionalitas wartawan di Indonesia. Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP-PPDI, Feri Sibarani, STP., S.H. dalam pidato pelantikannya hari ini, 11/10/2023 di Kota Dumai Riau. 

    , "Kami Perkumpulan Pers Daerah Seluruh Indonesia (PPDI) merupakan sebuah organisasi Pers, yang keberadaan kami berpedoman pada UU No 40 tahun 1999 tentang Pers. Kami organisasi Pers ini beda dengan organisasi pada umumnya yang berbasis Ormas. Kami lebih pada peran menghimpun seluruh wartawan dan perusahaan Pers untuk bergabung dan bersatu memperjuangkan hak-hak kemerdekaan Pers dan nilai-nilai ekonomi yang dapat kami terima secara berkeadilan dan tidak diskriminasi, " Kata Feri. 

    Dalam paparannya, Feri juga menyampaikan hasil identifikasi pihaknya tentang berbagai permasalahan Pers di Indonesia pasca Reformasi Indonesia 1998. Menurutnya, dunia Pers Indonesia saat ini sedang berada pada kondisi kurang medapatkan hak dan ruang yang sesuai dengan UU Pers dan UUD 1945. Lebih rinci Feri mengatakan, terkait keadilan bagi insan Pers. Perlakuan yang sama dari pemerintah dan Dewan Pers kepada wartawan dan perusahaan Pers. 

    , " Yang ingin kami perjuangkan itu adalah, soal keadilan dari pihak lembaga terkait. Kemudian perlakuan yang sama untuk semua wartawan dan perusahaan Pers serta perhatian Pemerintah terhadap ekosistem Pers terutama dukungan terhadap anggaran untuk publikasi, " Lanjut Feri. 

    Labih lanjut, Feri Sibarani meminta kepada Pemerintah di semua jenjang pemerintahan agar turut perduli dengan permasalahan dan kendala yang dihadapi insan Pers Indonesia agar bisa berfungsi secara profesional. 

    , "Tidak ada profesi yang bisa profesional, kalau tidak di dukung anggaran yang memadai. Pers sejatinya berperan serta untuk membangun Negara, mendukung program pemerintah di semua aspek melalui sebuah karya tulis melalui mekanisme jurnalistik. Dan tugas itu adalah representasi pemerintah untuk memenuhi amanat pasal 28F UUD 1945," Lanjut Feri. 

    Harapannya, berdasarkan kondisi tersebut, PPDI yang dikomandoi oleh Feri Sibarani, meminta kepada Presiden dan DPR RI, untuk tidak abai terhadap aspek kehidupan Pers Nasional. Dijelaskanya, insan Pers di Indonesia diprediksi berjumlah 10 juta orang hingga ke tingkat pedesaan. Jadi, warga negara Indonesia, putra/putri bangsa Indonesia diketahui cukup banyak memilih menjadi profesi wartawan. 

    , "Dari jutaan itu, jangan dilihat mereka seakan-akan bukan warga negara, hanya karena berprofesi sebagai wartawan. Wartawan itu juga berhak atas anggaran APBD atau APBN agar dapat meningkatkan kualitas dirinya, begitu pula perusahaan media dapat dikelola dengan prinsip tata kelola perusahaan Pers yang baik," Urainya. 

    Dalam pelantikan DPC PPDI Dumai tersebut, terlihat sejumlah besar tamu undangan yang berasal dari elemen-elemen masyarakat, pemerintah kota Dumai, para pimpinan Lembaga vertikal dan OPD setempat. Ketua DPC PPDI Dumai, Iwan Ziro dan sekretaris DPC PPDI, Ari serta Bendahara Alex, kompak mengucapkan akan siap menindaklanjuti semua amanat Ketua Umum dan Anggaran Dasar dan Rumah tangga PPDI. 

    , "Siap, kami akan segera menindaklanjuti amanat Ketua Umum dan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga PPDI, Semoga semuanya berjalan sukses, " Kata Ketua DPC PPDI Dumai, Iwan Ziro . (R Hutasoit )
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini