-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Ujanmas Berlangsung Demokratis dan Berasa Pemilu

    Jumat, 08 September 2023, September 08, 2023 WIB Last Updated 2023-09-09T07:02:33Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh

     

    Proses Penghitungan Suara oleh Panitia Pemungutan Suara

    Muara Enim, indometro.id - Dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), SMA Negeri 1 Ujanmas menyelenggarakan pemilihan Ketua dan Wakil OSIS Periode 2023/2024 yang berlangsung demokratis dan berasa Pemilu pada Jum,at Pagi,  8 September 2023 di SMA Negeri 1 Ujanmas.


    Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS Periode 2023/2024 di SMA Negeri 1 Ujanmas berlangsung demokratis. Dimana Tempat Pemungutan Suara (TPS) dipersiapkan sedemikan rupa layaknya pemilu, seperti fasilitas tenda TPS, kotak suara, bilik suara, kertas surat suara, dan papan penghitungan suara serta panitia pemungutan suara.  Sehingga, suasana pemilihan Ketua dan Wakil OSIS tahun ini tampak berbeda dari pemilihan tahun sebelumnya. Pemilihan Ketua dan Wakil OSIS tahun ini berasa pemilu. Adapun kegiatan ini dilakukan dalam rangka wujud implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Suara Demokrasi dalam Kurikulum Merdeka. Karena sebentar lagi akan dilakukan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024. Hal ini juga mengajarkan kepada para siswa sebagai pemilih pemula mengenai bagaimana Standar Operasional Prosedur (SOP) dalam proses pemungutan suara di TPS.Sehingga ke depan bisa ikut berpartisipasi dalam proses demokrasi sebagai implementasi nilai-nilai Pancasila, khusunya sila ke 4. Penderizal, S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah menyampikan bahwa pemilhan Ketua dan Wakil OSIS ini merupakan Penguatan Profil Pelajar Pancasila khususnya dibidang demokrasi, sehingga semuanya benar-benar dilakukan seperti merujuk ke pemilu yang sesungguhnya. Kepala Sekolah juga berharap melalui pemilihan Ketua OSIS ini ada satu pembelajaran bagi para siswa, bahwa yang namanya sistem demokrasi yang langsung, umum, bebas dan rahasia adalah seperti yang mereka alami.

     

    “Jadi pemilihan Ketua OSIS SMAN 1 Ujanmas sekaligus  merupakan pengenalan Projek Pancasila,  Profil Pancasila (P5) khususnya dibidang demokrasi akan menjadi salah satu contoh bagi siswa SMAN 1 Ujanmas khususnya yang berusia di atas 17 tahun yang sudah memilih pada pemilu 2024 nanti. Karena apa, proses mulai dari pencalonan, kemudian masa kampanye dilanjutkan dengan masa pemilihan, semuanya benar-benar dilakukan seperti merujuk ke pemilu yang sesungguhnya. Oleh karena itu, Bapak berharap melalui pemilihan ketua OSIS ini ada satu pembelajaran bagi anak-anak, bahwa yang namanya sistem demokrasi langsung, yang langsung, umum, bebas dan rahasia  seperti yang mereka alami” ungkap Penderizal, S.Pd., M.M. (Kepala Sekolah)  kepada wartawan IndoMetro Media.

     

    Lanjut, sekitar pukul 08.00 WIB tampak semua Siswa, Guru dan Tata Usaha berkumpul di lapangan SMA Negeri 1 Ujanmas untuk memberikan hak suaranya dalam rangka pemilihan Ketua dan Wakil OSIS Periode 2023/2024. Adapun pemilhan calon dan Ketua OSIS Periode 2023/2024 ini diikuti oleh 3 pasangan calon (Paslon). Paslon dengan nomor urut 1 yaitu Audia Melisca (Ketua) dan Afdella Azzahra (Wakil), paslon nomor urut 2 yaitu Dimas Agustian Saputra (Ketua) dan Vika Yolanda (Wakil) sedangkan paslon nomor urut 3 yaitu Damar Aditya Pratama (ketua) dan Ajie Cahya Saputra (Wakil). Sebelum pemungutan suara dimulai, ketiga paslon terlebih dahulu memaparkan visi, misi dan program kerjanya masing-masing di hadapan para Siswa, Guru dan Tata Usaha. Kemudian, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta kepada masing-masing Paslon. Setelah itu, barulah dilakukan proses pemungutan suara. Selesai proses pemungutan suara, sekitar pukul 10.00 WIB dilakukan penghitungan suara. Paslon nomor urut 1 memperoleh sebanyak 170 suara, paslon nomor urut 2 sebanyak 186 suara dan paslon nomor urut 3 sebanyak 295 suara. Adapun surat suara tidak sah sebanyak 15 suara. Sehingga total sebanyak 666 suara. Berdasarkan hasil dari penghitungan dan perolehan suara tersebut, maka pemilihan Ketua dan Wakil OSIS Periode 2023/2024 dimenangkan oleh paslon nomor urut 3 yaitu Damar Aditya Pratama (Ketua) dan Ajie Cahya Saputra (Wakil) dengan perolehan sebanyak 295 suara .

     

    Kepala Sekolah juga berharap dan berpesan kepada Ketua OSIS terpilih agar senantiasa dapat bekerja sama dengan siswa SMA Negeri 1 Ujanmas yang lain dan juga berharap kepada siswa yang kebenaran belum  menjadi pemenang untuk dapat bekerja sama dengan Ketua OSIS (Ketos) yang terpilih. Dan kepada Ketos sendiri untuk senantiasa berkoordinasi dengan senior-senior yang ada agar dapat melaksanakan program dengan sebaiknya.


    “Harapan ke depannya Ketua OSIS terpilih akan senantiasa dapat bekerja sama dengan siswa SMA Negeri 1 Ujanmas yang lain dan juga berharap kepada siswa yang kebenaran belum  menjadi pemenang untuk dapat bekerja sama dengan Ketos yang terpilih. Dan kepada Ketos sendiri untuk senantiasa berkoordinasi dengan senior-senior yang ada agar dapat melaksanakan program dengan sebaiknya” ungkap Penderizal, S.Pd., M.M. (Kepala Sekolah) kepada wartawan IndoMetro Media. (BJK)


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini