Transformasi Digital, UNNES Luncurkan AI Agnes Guna Permudah Pelayanan Mahasiswa

Indometro.id, Semarang - Universitas Negeri Semarang (UNNES) resmi meluncurkan AGNES (Artificial Guide on UNNES) sebagai bagian dari transformasi digital pelayanan publik kampus pada Selasa (13/6/2023). Inovasi berbasis kecerdasan buatan ini dirancang untuk memberikan layanan informasi selama 24 jam nonstop kepada mahasiswa dan masyarakat.

AGNES dikembangkan oleh Direktorat Sistem Informasi dan Humas (DSIH) UNNES sebagai chatbot cerdas yang terintegrasi dengan pusat data dan informasi layanan kampus. Teknologi ini memanfaatkan kecanggihan Natural Language Processing (NLP) untuk memahami pertanyaan pengguna dan memberikan jawaban secara cepat, akurat, dan menggunakan bahasa yang ramah.

BUTUH BANTUAN HUKUM ?

Rektor UNNES, Prof. Dr. S. Martono, M.Si., menjelaskan kehadiran AGNES merupakan lompatan besar dalam menghadirkan pelayanan publik yang cepat, responsif, dan akuntabel.

“UNNES berkomitmen menjadi pelopor pelayanan pendidikan berbasis teknologi. AGNES adalah jawaban kami terhadap tuntutan zaman dan kebutuhan mahasiswa akan akses layanan yang cepat, akurat, dan selalu tersedia,” jelasnya.

Masyarakat dan mahasiswa dapat mengakses AGNES melalui laman helpdesk.unnes.ac.id, yang menjadi pintu utama pelayanan digital di UNNES. Selain menjawab pertanyaan, AGNES juga memiliki fitur lanjutan seperti klarifikasi layanan, pengalihan ke customer service manusia, hingga pengumpulan umpan balik pengguna.

Tidak hanya sekadar chatbot, AGNES hadir sebagai solusi strategis untuk memperkuat capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) kampus, terutama dalam meningkatkan kepuasan layanan dan efisiensi birokrasi. AGNES juga mendorong pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) melalui sistem layanan yang objektif, transparan, dan tidak diskriminatif.

Posting Komentar untuk " Transformasi Digital, UNNES Luncurkan AI Agnes Guna Permudah Pelayanan Mahasiswa"