-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Jadi Irup Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Sekdakab Aceh Utara

    Kamis, 01 Juni 2023, Juni 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-01T04:13:44Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Aceh Utara, indometro.id - Hari Lahir Pancasila diperingati, Kamis 1 Juni 2023. Sekdakab. Aceh Utara, Dr.Murtala,M.Si menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Lahir Pancasila di lapangan Kantor Bupati Aceh Utara, yang digelar Kamis (1/6/2023).


    Sementara yang bertindak sebagai perwira upacara Yoga Amitha, SSTP. Upacara yang dipimpin oleh Erlan Safari Ginting, SSTP, ini diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Tgk M Yanis, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin oleh Ulfia Urrahmi, AMd. 

    Pengibaran bendera merah putih dilakukan oleh Ananda Afdhal, STr.IP, Ainul Hamdi, STr.IP, dan Dzakirah Jasmi, STr.IP.  Pembacaan pembukaan UUD'45 dilakukan oleh Teuku Zawin,  SSTP.

    Sedangkan pembacaan teks Undang-undang Dasar 1945 oleh Dzakirah Jazmi,S.Tr.IP
    Pada kesempatan itu, pembina upacara Sekda Dr A Murtala, MSi, membaca amanat Presiden RI Joko Widodo, antara lain mengatakan, peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni merupakan hari yang paling bermakna bagi masyarakat Indonesia.

    Dalam tahun ini, Pemerintah mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”.


    Sesuai amanat Presiden, Sekda Murtala juga menekankan tahun depan akan  menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan pemilu 2024. Agar kita untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan setia menjaga netralitas menjelang tahapan pemilihan umum serentak pada tahun mendatang.

    "Untuk itu saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan pemilu yang jujur, aman, dan damai. Kita harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai pancasila," tuturnya.


    Murtala menuturkan, Pancasila merupakan realitas objektif dengan legitimasi kuat baik secara filsafat, politis, historis maupun kultural.

    Dimana, pengalaman dari setiap nilai-nilai Pancasila perwujudan rasa cinta terhadap tanah air yang bisa membangun bangsa dan negara menjadi lebih baik.

    “Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia. Tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Murtala.

    Dia juga mengajak untuk terus menggelorakan semangat Pancasila dan berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    “Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan. Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” tegasnya. (*).


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini