-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Dua Perwakilan Bener Meriah Terima Anugerah Duta GenRe dari BKKBN Aceh

    Yan Hasmadi
    Senin, 05 Juni 2023, Juni 05, 2023 WIB Last Updated 2023-06-05T07:41:46Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


    Bener Meriah, Indometro.id || Dua orang perwakilan Kabupaten Bener Meriah, menerima anugerah Duta Generasi Berencana (GenRe) 2023 dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh, di acara malam puncak penganugerahan yang berlangsung di Hotel Hermes, Banda Aceh, Sabtu (3/6/2023). 


    Kedua perwakilan Bener Meriah itu, terdiri dari Gustiar Rahman yang menjadi juara social media inspirator asal Forum GenRe Bener Meriah dan Ledy Suci Aprilia menjad wakil 1 GenRe Putri Aceh 2023 asal PIK R Desa Makmur Sentosa.  


    Malam Penganugerahan Duta GenRe Aceh 2023, dibuka Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat, M. Jafar. “Kami menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, karena kita ketahui bahwa usia remaja merupakan usia emas yang berpengaruh besar terhadap fase kehidupan mereka selanjutnya,” kata M Jafar dalam pidatonya. 


    Menurut Jafar,  hal ini menjadi semakin penting, mengingat mayoritas penduduk saat ini didominasi oleh mereka yang berusia muda. “Berdasarkan hasil sensus penduduk tahun 2020, jumlah generasi Z (penduduk yang lahir pada kurun waktu 1997-2012) mencapai 75,49 juta jiwa atau setara dengan 27,94 persen dari total seluruh populasi penduduk Indonesia,” rincinya. 


    Sementara itu, penduduk paling dominan kedua, berasal dari generasi milenial (penduduk yang lahir pada kurun waktu 1981-1996) mencapai 69,38 juta jiwa atau setara dengan 25,87 persen. “Dari data tersebut, dapat disimpulkan jika penduduk Indonesia saat ini, didominasi oleh usia muda dan remaja,” imbuhnya. 


    Husni menambahkan, jika upaya-upaya penguatan kapasitas terhadap kaum muda dan remaja menjadi sangat penting untuk terus dilakukan secara kolaboratif oleh berbagai pihak. “Duta GenRe merupakan salah satu upaya dari BKKBN dalam menyukseskan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana,” pungkasnya. 


    Pemilihan Duta Genre adalah program pemerintah melalui BKKBN untuk remaja dalam mengatasi banyaknya permasalahan krusial di masa remaja. Proses pemilihan Duta Genre ini memakan waktu satu bulan dari pendaftaran hingga karantina. Duta GenRe, nantinya akan memiliki peran dalam mensosialisasikan program KKBPK di kalangan remaja serta menjadi figur teladan bagi remaja lainnya.  

    Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasionanl (BKKBN) Aceh, menggelar malam puncak penganugerahan Duta Generasi Berencana (GenRe) tahun 2023 di Hotel Hermes Palace, Banda Aceh, Sabtu (3/6/2023). 


    Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Husni Thamrin, SE, MM mengatakan, Duta GenRe Aceh merupakan inisiatif yang telah dibangun selama bertahun-tahun oleh Pusat Informasi Keluarga. Inisiatif ini dimulai dengan membentuk kelompok remaja dan mahasiswa yang kemudian berkembang menjadi piknik mahasiswa. 


    Dalam perkembangannya, kata Husni, inisiatif ini menjadi Duta Genre yang bertujuan untuk membantu remaja-remaja Aceh. Apalagi, remaja-remaja saat ini cenderung mencari dukungan dari teman sebaya daripada berbicara dengan orang tua.


    “Oleh karena itu, BKKBN melakukan pendekatan yang fokus pada remaja dengan melibatkan mereka dalam program Duta GenRe. Program ini, bertujuan untuk membantu remaja menghindari masalah seperti seksualitas yang tidak sehat, penyalahgunaan narkoba, dan pernikahan usia muda,” jelas Husni Thamrin. 


    Menurutnya, terdapat tiga GenRe utama yang ditekankan yaitu mencegah seksualitas yang tidak sehat, penyalahgunaan narkoba, dan pernikahan usia muda. ‘BKKBN berharap bahwa melalui program ini, remaja-remaja dapat membangun keluarga yang berkualitas sesuai dengan Undang-Undang 52 tahun 2009 tentang Keluarga Berencana,” ucapnya.


    Selain itu, acara ini juga menjadi kesempatan bagi BKKBN untuk memilih duta genre Aceh yang akan mewakili provinsi ini di tingkat nasional. “Sebanyak 135 peserta mendaftar sebagai calon anggota GenRe dari berbagai kabupaten dan kota di Aceh. Dari jumlah tersebut, terpilihlah 23 finalis yang terdiri dari 10 pria dan 10 wanita,” sebut Husni 


    Para finalis akan bersaing untuk menjadi duta GenRe terbaik yang akan membawa nama Aceh ke tingkat nasional. BKKBN berharap bahwa duta GenRe yang terpilih dapat menjadi inspirasi dan membantu mewujudkan keluarga-keluarga berkualitas di Aceh.


    “Ini merupakan langkah penting dalam upaya BKKBN untuk membangun generasi muda yang tangguh dan mencapai Indonesia maju pada tahun 2045. Melalui program Duta GenRe Aceh, BKKBN berharap remaja-remaja Aceh dapat menjadi juara dan menginspirasi generasi muda di seluruh Indonesia,” pungkasnya. ||*

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini