-->
  • Jelajahi

    Copyright © Indometro Media
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    JustMarkets

    Temukan Kami DI Fb

    Kaum muda adalah cahaya perjuangan, ya! Itulah aris munandar.

    Jumat, 06 Januari 2023, Januari 06, 2023 WIB Last Updated 2023-01-06T03:10:42Z

    Follow Yok Frend :

    @adv_kaharudinsyah.sh


     Aceh - indometro.id.

    sosok pemuda dan berintelektual tinggi diperlukan dalam pondasi ruh demokrasi sebagai penyeimbang generasi keberlanjutan bangsa dan negara.

    Pemuda merupakan representasi bangsa kedepan.

    Salah satu sosok pemuda itu ialah aris munandar, pemuda kelahiran Cot bada, kecamatan langkahan, kabupaten aceh utara 21 september tahun 2000. Ya, aktivis muda, yang berasal dari kecamatan panton labu, kabupaten aceh utara itu sekarang mengenyam pendidikan tinggi di fakultas hukum universitas malikussaleh. 


    Aris munandar adalah sosok yang sangat menginspirasi junior-juniornya di universitas malikussaleh, khususnya fakultas hukum. sebagai generasi muda beliau banyak menciptakan terobosan baru, pemikiran yang membangun dan memiliki stratak dalam setiap menyelesaikan permasalahan dalam kepemimpinanya maupun ditengah-tengah masyafakat. 

    Tak hayal beliau bergelimang prestasi-prestasi yang mengharumkan nama unimal dikancah regional maupun nasional seperti menjuarai orasi ilmiah yang diselenggarakan universitas teuku umar pada tahun 2020, juara 3 orasi ilmiah se aceh utara yang diselenggarakan oleh knpi aceh utara, dan masih banyak lagi.

    Kepemimpinannya dalam mengemban tanggung jawab tak perlu dipertanyakan lagi beliau pernah dipercaya sebagai kabid humas himatn fh unimal (himpunan mahasiswa hukum tata negara) periode tahun 2020, pengurus kps (komunitas peradilan semu) Fh unimal tahun 2020, ketua umum fkph (forum kajian penulisan hukum) fh unimal periode 2021-2022, wasekum ptkp HmI komisariat hukum unimal periode 2020-2021, wasekum kabid Pao HmI cabang lhokseumawe-aceh utara periode 2021-saat ini, dan Saat ini beliau sedang menahkodai badan eksekutif mahasiswa fakultas hukum universitas malikussaleh periode 2022-2023.


    Dalam mengemban tugas tersebut aris munandar tak hanya menjalankan tangganggung jawabnya kepada organisasi maupun internal kampus, tapi sebagai kaum muda beliau ikut andil dalam membersamai masyarakat yang ditindas hak-haknya oleh penguasa beliau sering turun kelapangan membantu memberikan pendidikan terhadap desa tertinggal di tempat tinggalnya. 

    Tak sampai disitu beliau sering melakukan aksi demo penolakan kebijakan-kebijakan yang tak sejalan dengan cita-cita rakyat dan konstitusi. Ya!!! toa dan jalanan adalah teman terbaiknya dalam menegakkan amar mahruf nahi munkar. Tak kenal takut dan kata menyerah dalam setiap detak nadi perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak rakyat, maupun kebijakan-kebijakan inkonstitusional pemerintah. 


    Terlepas dari kegigihannya dalam memperjuangkan kebenaran, beliau banyak dikelilingi sahabat dan teman yang setia, selain itu banyak juga orang-orang yang tidak menyukainya karena pemikiran idealisnya selalu berpihak terhadap kebenaran konstitusi.


    Kegigihan beliau dalam belajar dan mengabdi pada kewajibannya merupakan proses yang menghantarkan beliau berada sampai di titik ini. 


    Berbicara tentang kemandirian berfikir dan berpijak pada konsep ruh demokrasi yang tak jarang membunuh karakter tertentu sering dihadapinya, akan tetapi tak semudah itu orang-orang yang mencoba menjatuhkan karakter dan nama baiknya, aris munandar selalu memiliki konsep yang visioner seperti nama kabinet kepengurusannya di bem fh unimal periode 2022-2023. 

    Sosok muda aris munandar merupakan salah satu contoh sosok kaum muda intelektual tidak pernah sekalipun menjadikan kepemimpinannya dalam berorganisasi terhimpit oleh domain wilayah hukumnya. Ya, baginya ketika kewajiban itu dipercayakan padanya, maka keberpihakan untuk kebenaran tak terletak pada domain dan kodomain teritorial kekuasaannya. 


    Sosok intelektual muda, aktivis muda seperti aris munandar tak heran menjadi panutan terbaik juniornya di universitas malikussaleh. 


    Kita mengetahui banyak kaum muda kehilangan pemikiran idealisnya, karena pengaruh kekuasaan dan lemahnya mental sebagai tameng utama peradaban bangsa.


    Perjalanan dan kisah aris munandar banyak menginspirasi juniornya, sembari mereka berharap aris munandar tetap konsisten sebagai kaum muda yang dapat membangun aceh kedepan mengarah ke arah kemajuan.


    (AGN/AR).

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini