-->

Iklan

Temukan Kami DI Fb

Halaman

Suwenda: Peran PSM Mendampingi Program Kesejahteraan Sosial di Tingkat Desa

Kamis, 22 September 2022, September 22, 2022 WIB Last Updated 2022-09-22T11:32:33Z
iklan disini :






 INDRAMAYU, indometro.Id -- Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Rinto Waluyo melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan, Suwenda memberikan sambutan pada kegiatan peningkatan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM).


Kegiatan peningkatan PSM ini mengambil tema “Peran Pekerja Sosial Masyarakat Dalam Mewujudkan Indramayu Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat (Bermartabat), di Aula PKPRI Damai Kroya, Kecamatan Kroya Kabupaten Indramayu, Kamis (22/9/2022).


Dalam sambutannya Suwenda mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik adanya pelatihan untuk para PSM di Kabupaten Indramayu. Menurutnya, PSM merupakan relawan sosial sebagai salah satu potensi sumber kesejahteraan sosial (PSKS).


Suweda menambahkan, peran PSM ikut andil dalam  penyelanggaraan kesejahteraan sosial sekaligus sebagai mitra pemerintah daerah atau kepanjangan tangan dari Dinas Sosial (Disnos) Kabupaten Indramayu untuk dalam melaksanakan tugas mencapai kesejahteraan sosial di masyarakat.


Hal yang paling utama peran PSM mempunyai fungsi sebagai inisiator, motivator, dinamisator dan administrator yang semua itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 10 Tahun 2019 tentang Pekerja Sosial Masyarakat.


“Tujuan dibentuknya PSM adalah untuk membantu, mendorong, menggerakkan dan mengembangkan kegiatan penyelenggaraan kesejahteraan sosial, mendampingi warga masyarakat yang membutuhkan layanan sosial dan mendampingi program kesejahteraan sosial di tingkat desa atau kelurahan,” katanya.


Diharapkan Suwenda, PSM dalam melakukan tugasnya agar mengedepankan koordinasi dengan kepala desa atau lurah serta bersinergi dengan pilar sosial dan penyelenggara di wilayah pembangunan masing-masing.


“Saya harap PSM bekerja dengan hati dan diniatkan sebagai ibadah karena ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Walaupun tidak ada insentif tetapi tetap semangat dan menjalankan tugas secara sungguh-sungguh, dengan mengabdi untuk masyarakat, tidak memikirkan apa yang anda dapat, tetapi apa yang bisa anda berikan kepada masyarakat,” harapannya.


Hal ini ungkap Suwenda, keberadaan PSM selain diharapkan mampu mewujudkan penyelenggaraan kesejahteraan sosial di masyarakat juga bisa berperan aktif dalam mensosialisasikan program unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina dalam rangka mewujudkan Indramayu Bermartabat. 

(Heri) 

Beri Komentar Dong!

Tampilkan

Terkini

Nasional

+